Gubernur Koster: Sidang ke-144 IPU Momentum Pulihkan Pariwisata dan Ekonomi

puan
BERI PENJELASAN - Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani, Senin (14/3/2022), memberi penjelasan mengenai rencana sedang ke-144 IPU di Bali pada 20 hingga 24 Maret mendatang. (DenPost.id/ist)

Sumerta, DenPost

Gubernur Bali Wayan Koster mengikuti rapat koordinasi (rakor) mengenai persiapan acara Inter-Parliamentary Union (IPU) Assembly and Related Meetings (sidang) ke-144 di The Westin Resort, Nusa Dua, Kutsel, pada Senin (14/3/2022). Rakor ini dipimpin Ketua DPR RI Puan Maharani

Dalam kesempatan itu, Puan Maharani menyampaikan Indonesia secara resmi didaulat menjadi tuan rumah sidang ke-144 IPU. Dalam evan internasional itu, Puan Maharani akan memimpin sidang dengan menjadi President Assembly. Sidang IPU rencananya dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Nusa Dua, Badung,  pada 20 hingga 24 Maret 2022.

Sidang IPU dijadwalkan mengetengahkan berbagai even yang dilaksanakan secara terus-menerus selama lima hari. “Untuk menyukseskannya, Gubernur Bali bersama seluruh Forkompinda akan siap membantu acara internasional ini,” tegas Ketua DPR RI.

Sampai Senin, delegasi yang memastikan hadir terus mengalir untuk mendaftar. Terakhir tercatat 115 negara atau delegasi yang akan datang ke Pulau Dewata. Dengan demikian, Sidang ke-144 IPU, menurut Puan Maharani, mampu membuat citra Bali kembali bangkit, sekaligus membantu pariwisata dan perekonomian agar pulih seperti sediakala.

Baca juga :  Awal Tahun, DPRD Buleleng Donor Darah

Sidang IPU ini akan menjadi even internasional pertama dan terbesar di Bali tahun ini, hingga Bali akan menuju tuan rumah KTT G20. “Jadi untuk menjaga citra Bali dimata international/dunia, tentu saja kami butuhkan gotong-royong seluruh masyarakat, bukan hanya Bali tetapi Indonesia. Insyaallah, Bali siap untuk even internasional ini,” jelas Ketua DPR RI.

Gubernur Koster menyampaikan terima kasih kepada Puan Maharani selaku Ketua DPR RI yang memberi kepercayaan kepada Bali sebagai tuan rumah Sidang ke-144 IPU. Dengan demikian, pertemuan internasional ini merupakan momentum untuk Bali dalam memulihkan pariwisata dan ekonomi pascapandemi covid-19. “Semoga even ini sukses dan menjadi citra baik untuk Bali dan Indonesia di mata dunia. Tentu ini akan menjadi catatan sejarah dalam keberhasilan Ibu Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI,” tegas Gubernur tamatan ITB ini.

Baca juga :  Bangkai Paus Terdampar di Batu Belig Akhirnya Dikubur

Bertepatan dengan sidang, Gubernur Koster melaporkan bahwa pandemi di Bali sudah terkelola dengan baik. Jumlah kasus terus menurun, situasi semakin kondusif dan vaksinasi juga sangat tinggi, termasuk vaksinasi booster lebih dari 30 persen. Jadi situasi sangat kondusif untuk menggelar sidang IPU nanti. “Kami juga sudah menyiapkan, mulai dari kedatangan acara, termasuk prokes. Kami siapkan tim yang tangguh untuk menyukseskan even internasional ini,” tegas Gubernur asal Sembiran, Buleleng ini. (wir)

Baca juga :  Pekerja Wisata Bahari Sebut Dampak Ekonomi Covid-19 Lebih Parah dari Bom Bali

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini