Dispar Buleleng Luncurkan Program Konten Promosi Wisata

picsart 22 03 15 16 26 48 570
Kepala Bidang Pemasaran Dispar Buleleng, Agus Widya Saputra

Singaraja, DENPOST.id

Tidak dipungkiri bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) tertinggi di Buleleng adalah dari sektor pariwisata. Dalam beberapa tahun ke belakang, pariwisata di Bali pada umumnya dan Buleleng pada khususnya sangat terdampak akibat pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, sebagai bentuk dukungan dari Pemerintah Daerah, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buleleng melalui Bidang Pemasaran meluncurkan program digital marketing untuk mempromosikan pariwisata Buleleng melalui konten kreatif.

Kepala Bidang Pemasaran Dispar Buleleng, Agus Widya Saputra, mengatakan, Dispar telah merancang dua program baru dalam mempromosikan pariwisata khususnya di bidang restoran dan perhotelan. Program yang pertama adalah Konten Buleleng Signature. Konten ini dikemas secara visual berupa foto kuliner khas buleleng. Sedangkan program kedua yaitu Konten Booking, di mana konten ini dikemas dengan me-riview segala fasilitas hotel, mulai dari tempat, harga dan yang lainnya.

“Semua itu akan kami share di media sosial kami sebagai ajang mempromosikan pariwisata khususnya di bidang kuliner dan perhotelan. Sebagaimana kita ketahui, industri pariwisata khususnya industri perhotelan dan restoran sebagai salah satu penyumbang pajak PAD yang signifikan. Itu salah satu timbal balik dari dinas sebagai ajang promosi apa yang mereka punya,” ucapnya Selasa (15/3/2022).

Baca juga :  2025, BRI Kejar Porsi Kredit Mikro Hingga 45%

Agus menambahkan, rencananya program konten Buleleng Signature dan Booking akan diluncurkan pada awal bulan April 2022 ini.
Selain konten Buleleng Signatur dan Booking yang akan segera diluncurkan, Dispar sendiri sebelumnya sudah meluncurkan tiga konten serupa di awal tahun ini dengan tujuan yang hampir sama. Ketiga konten itu yakni Weekend on Wonderland Buleleng, Jegeg Bikers on location dan yang terakhir konten Bungkus (Belanja Langsung Diskusi ).

Baca juga :  Satu-satunya di Bali, Buleleng Raih Trofi Proklim Utama 2021

“Masyarakat bisa mengunjungi informasi wisata dan kuliner di Kabupaten Buleleng melalui konten media sosial Dinas Pariwisata, di antaranya melalui facebook, instagram dan youtube dengan judul yang sama yaitu ‘Yuk ke Buleleng’,” jelasnya.

Terkait kendala yang dihadapi, pihaknya mengatakan sampai saat ini hanya terkendala di sumber daya manusia saja. Kebanyakan SDM di sini tidak sesuai pada basiknya sehingga perlu dilatih dan didorong agar terbiasa untuk melakukan tugas-tugas ini.

Baca juga :  Lagi, Gubernur Koster Serahkan Sertifikat Tanah Garapan ke Warga Sumberklampok

“Dari segi alat sudah cukup lengkap. Mungkin kita hanya butuh tambahan beberapa staf yang kompeten di bidangnya guna menunjang kegiatan kami agar ke depan lebih maksimal lagi,” imbuhnya.

Dia berharap, program- program ini bisa tersampaikan ke masyarakat luas. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini