Diduga Disambar Petir, Palinggih Gedong Penyimpenan Pura Dalem Puri Terbakar

picsart 22 03 20 19 19 39 625
PADAMKAN API - Petugas Pemadam Kebakaran Pemkab Gianyar, saat memadamkan api yang membakar palinggih gedong penyimpenan Pura Dalem Puri, Ubud, Minggu (20/3/2022) sore.

Gianyar, DENPOST.id

Satu unit palinggih Gedong Penyimpenan Pura Dalem Puri, di Banjar Tebesaya, Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Gianyar, terbakar diduga disambar petir, Minggu (20/3/2022) sore. Benda-benda berupa pretima yang tersimpan didalam gedong tersebut, berhasil diselamatkan.

Atas musibah ini, kerugian ditafsir mencapai ratusan juta.

Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Gianyar, I Made Watha mengatakan begitu menerima laporan pihaknya langsung menerjunkan sejumlah personel dengan mobil pemadam kebakaran paling awal Posko Ubud. Sekitar pukul 14.10 Wita, empat unit pemadam kebakaran Kabupaten Gianyar tiba di TKP untuk melakukan pemadaman. Karena palinggih gedong penyimpenan beratapkan ijuk, sehingga memerlukan waktu cukup lama untuk memadamkan api.

Sementara Kapolsek Ubud, Kompol I Made Tama mengatakan begitu mendapat informasi bahwa ada kebakaran di Pura Dalem Puri, personel Polsek Ubud dipimpin Kanit Reskrim AKP I Wayan Gede Mudana langsung turun ke lokasi untuk bersama-sama memadamkan api dengan cara dilakukan penyemprotan dari segala arah.

Baca juga :  Kasus Tanah Guwang, Sidang Kesimpulan Secara E-Litigasi

Adapun yang terbakar
atap bangunan palinggih Gedong Penyimpenan Pura Dalem Puri yang terbuat dari ijuk. Sementara benda disakralkan yang berhasil diselamatkan, yakni pretima patung Dewi, pusaka/senjata, pretima terbuat dari bunga emas. Semua pretima disimpan dalam safety book bangunan painggih Gedong Penyimpenan Pura Dalem Puri.

Di mana, pada saat kejadian tersebut terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan secara tiba-tiba ada petir dan suara gemuruh cukup keras. Selain itu, bangunan palinggih Pedong Penyimpenan Pura Dalem Puri cukup tinggi dengan ketinggian sekitar 15 meter. (116)

Baca juga :  Diduga Rem Blong, Truk Nyungsep ke Jurang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini