Ribuan Hama Ulat Bulu Serang Perumahan Warga Banjar Cica

picsart 22 03 21 17 57 49 502
SEMPROT HAMA - Petugas Dinas Pertanian dan Pangan, serta POPT BPP Mengwi, saat melakukan penyemprotan hama ulat bulu di perumahan warga di Banjar Cica, Kelurahan Abianbase, Mengwi.

Mangupura, DENPOST.id

Hama ulat bulu, Senin (21/3/2022), menyerang kawasan perumahan warga di Banjar Cica, Kelurahan Abianbase, Mengwi. Ada empat rumah warga yang diserang dan menyebar hingga memasuki ruangan rumahnya.

Pantauan di lokasi, ulat bulu diduga muncul dari salah satu pohon di tanah kosong sebelah rumah warga. Pohon yang belum diketahui jenisnya itu, mendadak kering dan terdapat ulat bulu. Bahkan mengantisipasi semakin banyak ulat, beberapa warga pun membakar pohon tersebut dari bawah.

Salah satu pemilik rumah, I Nyoman Oka Dana saat ditemui dirumahnya mengakui serangan ulat bulu baru diketahui pagi sekitar pukul 08.00 Wita. Bahkan untuk membunuh ulat yang membuat gatal itu, dirinya langsung melakukan penyemprotan. “Tadi pagi saya baru tahu, namun sudah saya semprot. Untuk mencari obat penyemprotan sangat susah karena ulatnya tidak mau mati,” katanya.

Dari pagi, dirinya dan anaknya langsung melakukan penyemprotan ulat bulu itu. Hanya saja penyemprotan baru dilakukan di rumahnya saja. Sedangkan untuk rumah yang lain belum mendapat penanganan, bahkan satu penghuni rumah memilih pulang kampung. “Ada tetangga saya, ibu-ibu sampai pulang kampung karena takut. Jadi, yang saya semprot baru rumah saya. Sedangkan ada rumah kos dan rumah lainnya belum ditangani, karena pemiliknya bukan dari sini,” ungkapnya.

Baca juga :  Tuntaskan Tugas di Afrika Tengah, 159 Peace Keeper Kodam IX/Udayana Tiba di Bali

Dirinya menduga, ulat bulu muncul dari pohon besar yang berada di sebelah rumahnya. Pohon yang disebut-sebut namanya pohon Base-base itu mendadak kering dan dikerumuni ulat bulu. “Dua hari yang lalu, masih hijau pohon itu. Tapi sekarang sudah kering dan banyak ulatnya,” jelasnya.

Oka Dana mengaku sudah menghabiskan 8 tangki obat untuk menyemprot ulat bulu tersebut. Hanya saja sampai saat ini ulat bulu masih banyak terdapat di areal pohon tersebut. Bahkan untuk pembunuh ulat di bagian atas pohon, dirinya pun membakar bagian bawah pohon.

Baca juga :  Keluhkan Ini, Pengurus BMPS Datangi DPRD Badung

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Wayan Wijana saat dikonfirmasi terpisah mengatakan telah menerjunkan tim ke lokasi untuk membantu masyarakat mengatasi hama ulat bulu.
“Kami sudah mengirim petugas pengendalian hama ulat ke lokasi dan saat ini sedang melakukan upaya untuk penyemprotan dengan obat hama ulat,” ujarnya.

Petugas Dinas Pertanian dan Pangan, serta POPT BPP Mengwi, kata mantan Kabag Organisasi ini sedang melakukan pengendalian terhadap hama ulat bulu yang menyerang rumah warga di Kelurahan Abianbase. “Ada empat rumah yang diserang ulat bulu, satu rumah sedang ditangani. Namun, dua rumah lainnya pemiliknya sedang tidak ada di rumah sudah kita koordinasikan dengan aparat setempat,” ungkapnya.

Baca juga :  Antisipasi Arus Balik dan Penyebaran Covid-19, Suiasa dan Jaya Negara Pantau Ini

Menurutnya, hama ulat bulu yang menyerang pemukiman warga bersarang di pepohonan rimbun yang tumbuh di lahan kosong. Jenis ulat bulu ini juga sering menyerang tanaman perkebunan. “Jenisnya ulat bulu biasa yang sering menyerang daun tanaman keras. Kemungkinan ada sarangnya di pohon besar yang ada di samping rumah pemilik,” paparnya. (115)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini