Tingkatkan Minat dan Budaya Baca, DAPD Buleleng Gelar Sejumlah Lomba

picsart 22 03 23 14 05 31 723
LOMBA - Suasaba lomba yang digelar Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Buleleng di halaman DAPD Buleleng, Rabu (23/3/2022).

Singaraja, DENPOST.id

Guna meningkatkan minat dan budaya baca generasi muda di Kabupaten Buleleng dan juga serangkaian peringatan HUT ke-418 Kota Singaraja, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Buleleng menggelar sejumlah lomba, Rabu (23/3/2022).
Kepala DAPD Buleleng, I Ketut Suweca, menyampaikan, lomba ini sekaligus menjaring bibit-bibit terbaik di tingkat Kabupaten Buleleng agar ke depannya dapat diikut serta pada lomba yang sama di tingkat Provinsi Bali maupun Nasional.

“Ada beberapa lomba, pertama lomba bercerita tingkat sekolah dasar, kemudian lomba mapidarta bahasa Bali tingkat sekolah menengah pertama. Kemudian besok ada juga lomba nyurat aksara Bali disini juga (di DAPD Buleleng),” terang Suweca.

Baca juga :  Diduga Terbelit Ekonomi, Kakek Nekat Gantung Diri

Dia menilai tingkat minat baca masyarakat masih sangat tinggi, terlebih lagi DAPD Buleleng secara rutin terjun ke desa-desa menggunakan mobil unit keliling “Mobil Pintar”. Animo besar dari masyarakat desa dan juga pelajar sangat dirasakan ketika dikunjungi mobil pintar dan dari tahun ke tahun selalu meningkat.
“Sekarang dengan kemajuan digitalisasi, masyarakat lebih dimudahkan dalam mengakses berbagai macam buku bacaan. Ada e-library, ada e-book, peluang untuk mengakses itu semakin lama semakin maju bersama dengan peningkatan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi,” papar Suweca.

Sementara itu, Ketua Panitia lomba yang juga Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Budaya Baca DAPD Buleleng, Nyoman Widarma, mengatakan, seluruh peserta lomba merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Buleleng. Di mana Lomba Bercerita Rakyat tingkat SD diikuti oleh 9 orang dan Lomba Pidarta Bahasa Bali tingkat SMP juga diikuti 9 peserta.
“Jumlah peserta memang kami batasi pada tahun ini agar tidak menyebabkan kerumunan di tengah pandemi. Jadi peserta lomba kali ini adalah yang terbaik dari masing-masing kecamatan,” terangnya.

Baca juga :  Buleleng Perketat Sektor Pasar

Widarma juga menerangkan bahwasannya selain pemenang lomba, seluruh peserta juga akan diberikan hadiah dan doorprize. Hal itu dilakukan untuk lebih menekankan pembinaan kepada peserta, sehingga ke depannya dapat lebih bersemangat lagi. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini