Sambut Pemilu, Kesadaran Moral Dalam Berdemokrasi Perlu Ditingkatkan

picsart 22 03 23 16 33 43 734
SOSIALISASI - Bawaslu Kabupaten Jembrana, Selasa (22/3/2022) dan Rabu (23/3/2022) mengadakan sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif.

Negara, DENPOST.id

Bawaslu Kabupaten Jembrana, Selasa (22/3/2022) dan Rabu (23/3/2022) mengadakan sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif.
Sosialisasi dilaksanakan menjelang pemilu dan pemilihan serentak yang akan digelar tahun 2024.

Ketua Bawaslu Jembrana, Pande Made Ady Muliawan, mengatakan, perlu adanya dukungan dari seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan pemilu.
Keterlibatan masyarakat  dalam melakukan pengawasan pemilu, merupakan salah satu tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan  kualitas demokrasi. “Kesadaran moral dalam berdemokrasi perlu ditingkatkan sehingga menghasilkan demokrasi berkualitas dan tidak ada politik uang,” terangnya.

Baca juga :  Tim Gabungan Jembrana Tindak Lima Orang Tanpa Masker

Lebih lanjut dijelaskan, meningkatnya pelanggaran politik uang yang terjadi pada saat pemilu salah satunya disebabkan kurangnya kesadaran moral terhadap proses demokrasi.
Ady juga menekankan, pemilu bukan hanya milik partai politik, KPU maupun Bawaslu, tetapi milik seluruh elemen masyarakat.
“Harapan saya agar peserta bisa memberikan dampak yang positif, serta seluruh elemen masyarakat harus bisa mengontrol pola pikir yang jernih terhadap jalannya proses demokrasi, sehingga terciptanya demokrasi yang bersih, terbebas dari politik uang,” tandasnya. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini