Usaha Kacang Goreng di Klungkung Juga Dibayangi Kelangkaan Minyak Goreng

picsart 22 03 23 17 50 29 565
KACANG GORENG - Salah satu usaha kacang goreng di Desa Nyanglan, Banjarangkan, Klungkung.

Semarapura, DENPOST.id

Naiknya harga minyak goreng mulai berdampak terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah Klungkung. Salah satunya usaha kacang goreng di Desa Nyanglan, Kecamatan Banjarangkan.

Usaha ini, sempat vakum atau tidak berproduksi selama hampir dua tahun tepatnya semenjak pandemi Covid-19, karena sepinya orderan. Bahkan ketika hendak bangkit mereka kembali “disambut” fenomena kelangkaan minyak goreng.

Seperti diungkapkan salah seorang pengusaha kacang goreng di Desa Nyanglan, I Wayan Diasmini (50). Menurut Diasmini, sebelum pandemi dirinya memiliki delapan orang pekerja dan bisa menggoreng jenis kacang kapri hingga ratusan kilogram perharinya. Pemasarannya juga tidak hanya di pasar-pasar di wilayah Klungkung, tetapi juga hingga ke Surabaya.

“Sejak Covid-19, kami sudah tidak berproduksi lagi. Pekerja kami rumahkan karena tidak ada pesanan,” ungkap Diasmini, Rabu (23/3/2022).

Baca juga :  Lewat Turnamen Futsal, Bupati Buleleng Harapkan Cetak Atlet Berkualitas

Setelah hampir dua tahun tidak berproduksi, Diasmini kemudian mencoba bangkit dengan kembali membuka usahanya. Apalagi menjelang hari raya Idul Fitri, ada dua pelanggan setianya asal Surabaya memesan kacang kapri masing-masing 300 kilogram. Hanya saja untuk memenuhi pesanan tersebut, Diasmini hanya mampu mempekerjakan dua orang karyawan saja.

“Baru-baru ini kami mencoba produksi karena ada orderan dua orang dari Surabaya yang pesan  300 kilogram perorang. Kalau pesanan lokal ke pasar-pasar yang ada di Klungkung itu, jumlahnya tidak tentu. Paling 50 kilogram kacang kapri dalam seminggu,” imbuhnya.

Baca juga :  Ini Janji Menhub untuk Pelabuhan Sampalan dan Bias Munjul

Sayangnya, di tengah upaya untuk bangkit, Diasmini justru dihadapkan pada fenomena kelangkaan minyak goreng. Utamanya minyak goreng curah yang memang menjadi bahan utama untuk menggoreng kacang. Beruntung, saat ini produksi kacang di usahanya belum berjalan optimal, sehingga minyak goreng yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini