STAHN Luluskan 152 Wisudawan, Diharapkan Aplikasikan ilmu di Masyarakat

picsart 22 03 23 17 51 10 612
WISUDA MAHASISWA - Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Dr. Gede Suwindia, S.Ag, M.A., saat mewisuda mahasiswa, di Hotel Banyualit, Rabu (23/3/2022)

Singaraja, DENPOST.id

STAHN Mpu Kuturan Singaraja, mewisuda sebanyak 152 orang wisudawan, Rabu (23/3/2022) siang. Dalam wisuda ke-4 yang dilangsungkan bersamaan dengan dies natalis ke-6 di Hotel Banyualit and Spa, para wisudawan diharapkan mampu bersaing dalam dunia kerja dan mengaplikasikan ilmunya di masyarakat.

Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Dr. Gede Suwindia, S.Ag, M.A., menyebutkan sebanyak 152 berasal dari sejumlah jurusan. Rinciannya Jurusan Dharma Acarya 68 orang, Jurusan Dharma Duta (21 orang), Dharma Sastra (6 orang), Jurusan Brahmawidya (4 orang), dan pascasarjana (53 orang).

Dalam kesempatan ini, Suwindia mengungkapkan berbagai terobosan telah dilakukan dalam mempersiapkan sumber daya manusia Hindu, yang berkualitas, berintegritas, unggul dan bermartabat. “Upaya ini dilakukan agar memiliki kompetensi personal dan sosial, sehingga siap bersaing dan mampu berkolaborasi cross boundaries dengan alumni manapun dalam membangun bangsa dan negara,” ungkapnya.

Lanjut dia, dalam bidang tata kelola keuangan dibuktikan dengan kinerja akhir tahun 2020, di mana STAHN Mpu Kuturan Singaraja dapat melampui beberapa satker lainnya di Kementerian Agama dengan serapan 95,98 dengan nilai kinerja 90,50 Sangat Baik. Evaluasi tersebut, tertera dalam monitoring kinerja pada Januari 2021 lewat aplikasi SMART. Kemudian tahun 2021, serapan anggaran mencapai 99,60 persen.

Baca juga :  Jalin Silaturahmi, Grup Astra Bali Undang Media Buka Puasa Bersama

Kemudian tahun 2021, pemerintah pusat memberikan hibah kepada STAHN untuk membangun asrama mahasiswa dengan pagu lebih dari Rp27 miliar. Asrama tersebut, kini siap untuk digunakan. Kemudian pada tahun 2020, STAHN Mpu Kuturan Singaraja juga menggulirkan Rumah Publikasi Mpu Kuturan TV. Selain itu, tahun 2021 seluruh program studi sudah terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi.

Yang lebih menggembirakan, tahun 2022 STAHN kembali membuka lima program studi. Dengan rincian dua prodi Strata dua (S2), yakni Magister PGSD, Magister Ilmu Agama dan Kebudayaan. Kemudian Prodi Strata Satu (S1) Sarjana Manajemen Ekonomi, Sarjana Pendidikan Seni dan Budaya Keagamaan Hindu, serta Sarjana Hukum Adat.

Baca juga :  Rabu, 137 Orang Positif Covid-19 dan Satu Pasien Meninggal di Denpasar

Suwindia berpesan, setelah seluruh mahasiswa menuntaskan pendidikan di STAHN Mpu Kuturan Singaraja, supaya kembali ke masyarakat, membina, mengabdi dan mengamalkan seluruh ilmu yang diperoleh selama belajar di lembaga kampus. “Kami dari lembaga memberikan highest appreciation atas kelulusan saudara, karena kembalinya saudara ke masyarakat semakin memperkuat afirmasi positif dan memperkokoh dan menambah peran Iswatah (Ikatan Mahasiswa Alumni STAHN Mpu Kuturan Singaraja) dalam membangun citra kampus untuk bangsa dan negara. Kami menitipkan nama baik almamater, dimanapun saudara berada dan bertumbuh,” paparnya.

Baca juga :  Dahan Beringin Tumbang Timpa Warung dan Mobil

Sementara itu, dalam wisuda ini Putra Hari Irianto tercatat sebagai wisudawan terbaik dari prodi Penerangan Agama Hindu dengan nilai IPK 3,85. Wisudawan asal Banyuwangi, Jawa Timur inipun mengaku siap bersaing dalam dunia kerja berbekal pengalamannya menimba ilmu selama 4 tahun.
“Saya sangat bersyukur bisa kuliah di STAHN Mpu Kuturan Singaraja. Saya di sini dibentuk yang berawal kurang begitu memahami tentang agama, namun setelah ditempa astungkara saya lulus dengan prestasi nilai cumlaude. Sebagai alumni, kami berharap STAHN Mpu Kuturan berjaya agar bisa meningkatkan statusnya menjadi institute bahkan menjadi universitas,” harapnya. (a/118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini