Desa Canggu Luncurkan Layanan Adminduk Satu Pintu

picsart 22 03 24 18 47 07 096
PELAYANAN ADMINDUK - Desa Canggu, saat meluncurkan program pelayanan administrasi kependudukan satu pintu menuju smart village di Kantor Desa Canggu, Kamis (24/3/2022)

Cangu, DENPOST.id

Untuk menjalankan layanan publik secara prima hingga tingkat desa, Pemerintah Kabupaten Badung terus melakukan pembinaan terhadap desa-desa se-Kabupaten Badung. Bahkan dari pembinaan desa diberbagai bidang tersebut, sejumlah desa pun membuat program inovatif untuk memajukan desanya.

Seperti halnya di Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara. Perbekel Desa Canggu, I Nengah Lana membuat program pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) satu pintu, seperti pencetakan E-KTP, kartu keluarga (KK), KIA, akte kelahiran, akte pernikahan dan akte kematian.

Bahkan pada, Kamis (24/3/2022), program tersebut diluncurkan dengan menghadirkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Badung, AA Arimbawa; Ketua DPRD Badung, Putu Parwata; Camat Kuta Utara, Putu Eka Permana, Kapolsek Kuta Utara, serta sejumlah perangkat Desa Canggu.

Lana mengungkapkan pihaknya berterimakasih kepada Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta beserta Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang telah memberikan pembinaan, sehingga bisa mewujudkan program ini. “Kita ketahui bersama saat ini serba sulit, tapi astungkara sudah bisa meluncurkan program ini. Untuk pelayanan ini, kita anggarkan dari APBDes kita dan tujuan program ini adalah untuk memudahkan masyarakat kita di desa dalam membuat administrasi kependudukan karena pencetakan E-KTP dan akte sudah bisa dilakukan di desa,’’ ujarnya.

Baca juga :  Aktivitas di Pantai Kedonganan Tetap Padat, Ini Penjelasan Bendesa Adat

Lebih lanjut dikatakan dia, meningkatkan program pelayanan publik secara online ini juga untuk menepati salah satu janjinya saat jadi calon perbekel lalu. ”Saya harapkan perangkat desa dan BPD juga ikut mensosialisasikan ke masyarakat terkait layanan ini,” pintanya.

Sementara Ketua DPRD Badung, Putu Parwata mengatakan pihaknya mengapresiasi langkah maju yang dilakukan Perbekel Canggu. “Ini luar biasa inovasi kepala desa. Hal ini sangat memudahkan masyarakat desa dalam mengurus administrasi kependudukannya. Mereka tak repot-repot lagi ke Puspem Badung untuk mengurus administrasi mereka. Cukup datang ke desa sudah terlayani dengan baik. Semoga program ini bisa mengadministrasi masyarakat dengan baik dan keamanan di Desa Canggu yang merupakan kawasan pariwisata di Badung tetap terjaga. Saya minta perangkat desa bersatu padu dalam menjalankan pelayanan di desa,” terangnya.

Baca juga :  Pemkab Klungkung Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-turut

Kadisdukcapil Badung, AA Arimbawa mewakili Bupati Badung mengatakan, pihaknya menyambut baik program ini, dan diharapkan layanan ini bisa memberikan pelayanan publik yang prima.

Saat ini, sudah beberapa desa melakukan hal serupa seperti di Desa Canggu, di antaranya di Desa Punggul, Desa Pecatu, Desa Kutuh, Desa Plaga, Desa Dalung, dan Desa Tibubeneng. (115)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini