Gara-gara Ini, Destinasi Wisata di Nusa Penida Terancam Tak Dibuka

picsart 22 03 25 16 24 32 031
BOOSTER - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memantau pelaksanaan vaksinasi booster di Nusa Penida, Kamis (24/3/2022).

Semarapura, DENPOST.id

Tidak hanya Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Pemkab Klungkung juga memakai capaian vaksinasi booster sebagai syarat untuk membuka destinasi wisata di wilayah Nusa Penida. Apabila ada desa capaian vaksinasi boosternya masih rendah atau di bawah 50 persen, maka destinasi wisata yang ada di desa tersebut tidak akan dibuka.

Sinyal ini disampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, ketika memantau pelaksanaan vaksinasi booster di wilayah Nusa Penida, Kamis (24/3/2022). Suwirta terjun langsung memotivasi Perbekel dan warga di Desa Kutampi Kaler dan Desa Sakti untuk melakukan vaksinasi. Bahkan dengan pengeras suara yang terpasang di balai desa, ia mengajak warga sekitar untuk segera melakukan vaksinasi booster.

Baca juga :  Lima Ruang Isolasi di RSUD Klungkung Mulai Kosong

Menurut Suwirta, sesuai aturan dari pemerintah pusat untuk bisa membuka destinasi wisata capaian vaksinasi warga di daerah wajib minimal 50 persen. Sementara jika secara keseluruhan, Kabupaten Klungkung sebenarnya sudah mampu mencapai target tersebut. Tapi jika dihitung persentase hanya untuk di wilayah Nusa Penida saja, maka belum tercapai angka 50 persen sehingga destinasi wisata tidak boleh dibuka.

“Untuk mengantisipasi hal ini maka saya berharap agar seluruh masyarakat Klungkung untuk melakukan vaksinasi bosster dilokasi terdekat. Dengan demikian target minimal 50 persen akan tercapai dan pariwisata bisa dibuka,” ujar Suwirta.

Baca juga :  Tiner Meledak, Kantor Sekar Jaya di Pelabuhan Banjar Bias Terbakar

Sementara berdasarkan data yang diperoleh di Pemkab Klungkung, dari 59 desa yang ada di Kabupaten Klungkung, ada 27 Desa yang capaian vaksinasi boosternya di bawah 50 persen. Bahkan delapan desa di antaranya capaian vaksinasi boosternya masih di bawah 30 persen. Di mana seluruhnya merupakan desa yang terdapat di Kecamatan Nusa Penida yakni Desa Suana, Pejukutan, Klumpu, Bungamekar, Batununggul, Ped, Kutampi Kaler dan Sakti. (119)

Baca juga :  Pesta Miras, Empat Duktang Diamankan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini