Puluhan UMKM Ramaikan Pasar Pangan Lokal dan Gemar Makan Ikan

picsart 22 03 28 15 15 44 358
UMKM - Pameran UMKM di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno, Senin (28/3/2022).

Singaraja, DENPOST.id

Pemerintah Kabupaten Buleleng kembali menggelar Pasar Pangan Lokal yang dirangkaikan dengan Gerakan Masyarakat (Gemar) Makan Ikan. Kegiatan yang sudah hampir dua tahun tidak digelar akibat pandemi Covid-19, kini mulai digaungkan kembali di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno, Senin, (28/3/2022).

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Buleleng, Jon Benni Ariatman, menyampaikan, gelaran pasar pangan lokal kali ini diikuti oleh 30 lebih UMKM yang ada di Buleleng dengan berbagai produk olahan pangannya. “Kita menampilkan produk-produk UMKM kita dan juga kelompok wanita tani yang memproduksi pangan lokal. Kegiatan ini untuk penggerakan ekonomi lokal kita,” terang Benni.

Baca juga :  Batal Gunakan Hotel, Buleleng Siapkan Dua Asrama Sekolah untuk Isolasi Terpusat

Selain itu, pihaknya juga menerangkan kegiatan hari ini dirangkaikan dengan gemar makan ikan dengan tujuan untuk membiasakan masyarakat mengkonsumsi ikan. Menurutnya, mengkonsumsi ikan setiap hari sangat baik untuk kesehatan tubuh, terlebih lagi dengan kandungan Omega3 yang terdapat pada ikan mampu mendorong peningkatan kecerdasan otak anak. “Nilai gizi pada ikan sangat baik dalam membentuk kecerdasan otak anak terutama umur 1 sampai 5 tahun , kemudian jenjang sekolah menengah pertama maupun hingga sekolah menangah atas,” papar Sekdis Benni.

Ditambahkannya, kegiatan seperti ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan dan rutin setiap tahunnya sesuai program yang telah disusun DKPP Buleleng. Benni menilai kegiatan pasar pangan lokal dan gemar makan ikan sangat positif bagi masyarakat dan pelaku UMKM Buleleng.

Baca juga :  Edukasi Investasi Nasabah Private & Priority Banking, Ini yang Didorong BRI

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM, Janarti Sutrisna (owner Kue Saje) mengaku senang mendapat kesempatan berpartisipasi dalam pasar pangan lokal yang digelar Pemkab Buleleng. ”Pengunjung memang tidak terlalu ramai pagi ini, mungkin nanti siang bisa lebih ramai lagi. Kami diberi kesempatan untuk hari ini bisa sampai sore atau malam,” ujarnya.
Janarti berharap Pemkab Buleleng selalu memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM Buleleng untuk mengembangkan diri, baik itu diberikan pelatihan, pemasaran dan berbagai fasilitas lainnya. (118)

Baca juga :  Gelar RUPSLB, BRI Tegaskan Komitmen Penerapan Keuangan Berkelanjutan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini