Mesineb, Pujawali Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur

picsart 22 03 30 19 12 21 213
NYINEB - Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace), didampingi Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, saat menghadiri upacara penyineban di Pura Ulun Danu Batur.

Bangli, DENPOST.id

Pujawali ngusaba kedasa di Pura Ulun Danu Batur, Kintamani, Bangli, mesineb, Selasa (29/3/2022). Penyineban dirangkaikan dengan persembahyangan pepranian dan penyineban yang dihadiri
Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace), didampingi
Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta.

Dalam kesempatan tersebut, hadir para tokoh puri se-Bali, Kapolda Bali, Ketua PHDI Bali, Majelis Agung MDA Provinsi Bali, bupati/walikota se-Bali, Wakil Bupati Bangli beserta istri, Kapolres Bangli, serta undangan lainnya.

Baca juga :  Bawa SS, Mantan Satpam Diborgol

Jero Gede Batur Duuran dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan upacara ngusaba tahun ini dimulai dari 2 Maret 2022, dan puncak karya pada purnama kedasa, 17 Maret 2022, dilanjutkan dengan upacara wayon agung dan wayon alit, dan penganyar. “Kemudian hari ini (Selasa) dilaksanakan penyineban. Sebelum dilaksanakan penyineban terlebih dahulu dilaksanakan upacara pepranian sebagai ungkapan rasa syukur dan bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena pelaksanaan upacara ngusaba kedasa sudah berjalan dengan baik dan semoga Tuhan selalu melimpahkan kemakmuran dan kesuburan kepada alam beserta isinya,” harapnya.

Jro Gede Batur Duuran juga menambahkan bahwa proses upacara ngusaba kedasa tahun ini sudah berjalan dengan lancar walaupun masih dalam situasi pandemi, yakni tanpa pembatasan kegiatan masyarakat. Sebagai pemongmong di Pura Ulun Danu Batur, pihaknya melihat bahwa ayah – ayahan masyarakat sudah dilaksanakan dengan baik. “Seluruh krama (warga) untuk selalu menjaga kesucian dan kelestarian tempat suci, serta selalu menjaga kebersihan lingkungan,” ucapnya.

Baca juga :  Mayat Mr. X Ditemukan Mengambang di Tengah Laut

Sementara Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta dalam kesempatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan krama Desa Adat Batur yang sudah melaksanakan upacara ngusaba kedasa tahun ini dengan sangat baik.

Wakil Gubernur Bali, Cok Ace dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Jero Gede Batur Mekalihan, serta kepada seluruh masyarakat Batur karena upacara ngusaba kedasa sudah berjalan dengan sangat baik. (128)

Baca juga :  Bawaslu Gugurkan Laporan Meme Wajah Nengah Tamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini