Karya Agung di Pura Samuantiga, Tradisi Ngambeng Digelar 9 Hari

picsart 22 03 31 10 34 18 689
NGAYAH - Warga mulai ngayah di Pura Samuantiga, Bedulu, Blahbatuh, Gianyar.

Gianyar, DENPOST.id

Rangkaian karya Padudusan Agung dan Tawur Manca Sanak Agung di
Pura Kahyangan Jagat Pura Samuantiga, Desa Bedulu, Blahbatuh, Gianyar kini sudah mulai berlangsung. Puncak karya Mapadudusan Agung dan Tawur Manca Sanak Agung pada Minggu (17/4/2022) mendatang.

Bendesa Pura Samuantiga, Gusti Ngurah Made Serana, mengatakan, persiapan menyambut karya agung ini sudah dilaksanakan jauh sebelumnya dengan rapat-rapat, kemudian ada sejumlah pelinggih yang harus diperbaiki.
Serangkaian upacara nyambut karya, akan diawali dengan pecaruan yang dilaksanakan Kamis (1/4/2022).

Baca juga :  Prokes di Pasar Tegallalang Diawasi Ketat

Dikatakannya, sebagai pertanda karya dimulai juga dilaksanakan tradisi ngambeng. Tradisi ngambeng ini, bermakna untuk pemberitahuan kepada masyarakat bahwa di Pura Samuantiga segera akan dilaksanakan karya agung.
Dalam tradisi ngambeng itu, biasanya lebih banyak melibatkan anak-anak dari usia sekolah dasar. “Pengayah anak-anak ini memasuki rumah warga. Setelah mengucapkan salam Om Swastyastu, anak-anak juga menyampaikan dirinya ngambeng. Biasanya warga pemilik rumah menghaturkan keperluan bahan upacara untuk dipersembahkan ke Pura Samuantiga berupa beras, janur maupun bahan upacara lainnya secara tulus dan iklas,” paparnya.

Selain kelompok anak-anak, tradisi ngambeng juga dilakukan kelompok yowana dari anggota seka teruna pengempon Pura Samuantiga. Ngambeng juga kerap dilakukan pengayah khusus Pura Samuan Tiga yang disebut parekan bagi kaum laki lakinya, pengayah permas bagi pengayah wanita.
“Ngambeng oleh parekan maupun permas ini biasanya lebih mengkhusus untuk mencari bahan upacara tertentu. Misalnya bunga merak untuk menghias dan bungkak atau kelapa muda.
Terakhir penyepian karya pada Minggu (1/5/2022) mendatang,” tandasnya. (116)

Baca juga :  Satpol PP Amankan Perempuan Ngamuk

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini