Badung Siapkan Dana Aci Hingga Rp22 Miliar

picsart 22 04 05 18 18 42 825
Kepala Dinas Kebudayaan Badung, I Gde Eka Sudarwitha.

Mangupura, DENPOST.id

Pemerintah Kabupaten Badung, rutin memberikan bantuan dana aci untuk keperluan upacara atau ritual. Tahun ini, Pemkab Badung menggelontor bantuan dana aci sebesar Rp22 miliar selama satu tahun untuk seluruh pura yang ada di Badung.

Hal itu; diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan Badung, I Gde Eka Sudarwitha, ditemui di Gedung Dewan Badung, Selasa (5/4/2022).

Menurut dia, pemberian dana aci ini untuk membantu kebutuhan komunal masyarakat, khususnya dalam pelaksanaan upacara, sehingga bisa mengurangi beban masyarakat untuk keperluan aci di pura. “Tahun ini keseluruhan hibah dana aci sekitar Rp22 miliar untuk seluruh pura se-Kabupaten Badung,” ujarnya.

Pemberian dana aci untuk Pura Sad Kahyangan Jagat, seperti Pura Pucak Mangu mendapat Rp200 juta per tahun, Pura Kahyangan Jagat (Rp50 per tahun), Kahyangan Tiga (Rp50 juta per tahun), Pura Prajapati (Rp25 juta per tahun), Pura Melanting (Rp15 juta per tahun) dan Pura Dadia (Rp10 juta per tahun). “Dana aci ini diperuntukkan hanya untuk kebutuhan upacara saja,” terangnya.

Baca juga :  Resahkan Warga, Polsek Gianyar Amankan Sepeda Motor Tak Standar

Lebih lanjut proses permohonan dana aci ini merujuk kepada Perbup Badung No. 2 Tahun 2021 tentang pedoman penerbitan surat keterangan terdaftar klasifikasi pura. Pemberian sesuai dengan klasifikasi pura tersebut. Pemberiannya juga bisa setiap tahun dalam bentuk dana hibah karena sudah ada ruang dalam legalitasnya. “Untuk pengajuannya tentu harus ada pengesahan dari status pura tersebut. Karena sudah ada syarat dan ketentuan yang mengatur. Namun pemberian ini juga tidak perlu masuk e-Hibah karena ini aci,” tegasnya. (115)

Baca juga :  Kejari Badung Kembali Dalami Dugaan Korupsi di LPD Kekeran

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini