Puspa Aman Aku Hatinya PKK Gianyar Diluncurkan

picsart 22 04 08 19 12 14 290
TANAM POHON - Ketua TP PKK Provinsi Bali, Putri Suastini Koster, didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra, saat menanam pohon dalam peresmian Puspa Aman Aku Hatinya PKK Kabupaten Gianyar, di Desa Sidan, Gianyar, Jumat (8/4/2022).

Gianyar, DENPOST.id

Dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan masyarakat, Pemkab Gianyar melalui TP PKK Kabupaten Gianyar menggencarkan pembangunan Puspa Aman (Pusat Pangan Alami Mandiri Asri Nyaman) yang bersinergi dengan program Aku Hatinya PKK (Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman) di tingkat desa.

Kini, TP PKK Kabupaten Gianyar membangun Puspa Aman Aku Hatinya PKK di Desa Sidan, Gianyar. Puspa Aman Aku Hatinya PKK Kabupaten Gianyar diresmikan Ketua TP PKK Provinsi Bali, Putri Suastini Koster, bersama Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra, di Desa Sidan, Gianyar, Jumat (8/4/2022).

Didampingi Sekda Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya, dan Forkopimda, Ketua TP PKK Surya Adnyani Mahayastra mengatakan Pemkab Gianyar, sejak tahun 2018 telah meluncurkan program inovatif, yakni Puspa Aman dalam rangka mempercepat penganekaragaman pangan dan memantapkan ketahanan pangan masyarakat, khususnya di desa yang bersinergi dengan Program Aku Hatinya PKK.

Dengan program inovatif ini, istri Bupati Gianyar ini yakin dapat meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat guna membentuk pola konsumsi pangan yang baik, menurunkan angka kemiskinan melalui kegiatan padat karya, membantu penanganan daerah rawan stunting, serta daerah rentan rawan pangan dan menjaga inflasi tetap rendah dan stabil.

Baca juga :  Kasus Tanah Guwang, Sidang Kesimpulan Secara E-Litigasi

Dipilihnya Desa Sidan sebagai lokasi Puspa Aman Aku Hatinya PKK, karena lokasinya yang strategis dan tersedianya lahan yang cukup. Selain itu, sebagai upaya mendukung pengembangan desa wisata yang dikenal “Kissidan Eco Hill” yang tengah gencar dilakukan Pemerintah Desa Sidan, sehingga Pemkab Gianyar mensinergikan potensi tersebut.

Sebagai penataan awal dilakukan TP PKK Gianyar bersama dengan OPD terkait, dengan alokasi anggaran dari APDB Kabupaten Gianyar, dana APBDes Desa Sidan dan dibantu juga melalui dana CSR Bank BPD Bali Cabang Gianyar. “Areal Puspa Aman Aku Hatinya PKK Kabupaten Gianyar seluas 10 are yang dilengkapi dengan adanya rumah bibit dan sudah ditanami berbagai jenis tanaman holtikultural, aneka jenis tanaman bumbu-bumbuan, tanaman pucuk bang (maskot Kabupaten Gianyar), serta saluran irigasi juga ditebari dengan bibit ikan,” papar Surya Adnyani Mahayastra.

Baca juga :  Usai Batuk-batuk, Nora Tewas di Kamar

Sementara Sekda Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya mengatakan Puspa Aman Aku Hatinya PKK bertujuan untuk mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat sesuai dengan potensi dan kearifan lokal, serta mewujudkan hidup sehat, aktif dan produktif.

Ketua TP PKK Provinsi Bali, Putri Suastini Koster mengatakan kehadiran Program Puspa Aman merupakan kreativitas guna menggerakkan masyarakat dalam menjalankan program pemerintah untuk menjaga ketahaman pangan di Kabupaten Gianyar. “Kita tahu Kabupaten Giayar sangat subur, seperti halnya dengan Kabupaten Tabanan, di samping pariwisata, pertaniannya juga kuat,” kata Putri Suastini Koster.

Baca juga :  Badung Tunda Pembelajaran Tatap Muka

Pada kesempatan tersebut, Putri Suastini Koster diajak memanen terong dan cabai, serta menanam tanaman kelor dan melepaskan ikan di saluran irigasi setempat. Putri Suastini takjub melihat olahan pangan berbahan dasar moringa atau kelor yang dipamerkan, serta padi organik khas Desa Sidan. Di akhir acara, disuguhkan makanan tradisional khas Sidan yang diolah dari hasil pertanian organik Desa Sidan. (116)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini