8.478 KK di Klungkung Dapat BLT Minyak Goreng

picsart 22 03 22 20 13 41 119
SIDAK - Sejumlah pedagang di Pasar Galiran, yang menjual minyak goreng curah saat disidak Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, belum lama ini.

Semarapura, DENPOST.id

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng di Kabupaten Klungkung akan disalurkan mulai Kamis (14/4/2022). Bantuan yang diberikan tidak berupa minyak goreng, melainkan uang tunai Rp 100 ribu selama tiga bulan.

Untuk di Klungkung, tercatat 8.478 Kepala Keluarga (KK) mendapat BLT Minyak Goreng. Dari jumlah itu, di Kecamatan Nusa Penida yang paling banyak mendapat bantuan yakni sebanyak 3.967 KK.

Kadis Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung, I Gusti Agung Putra Mahajaya,  Selasa (12/4/2022) mengatakan, penerima BLT minyak goreng mengacu pada penerima Bantuan Panangan Non Tunai (BPNT). Pencairannya pun sama dengan penyaluran BLT yakni warga penerima di setiap desa akan dijadwalkan bergantian untuk mengambil bantuan di Kantor Pos terdekat di setiap kecamatan.

“Nanti masyarakat akan menerima uang tunai Rp 100 ribu selama tiga bulan. Nanti akan disalurkan sekalian (Rp 300 ribu) sesuai teknis dari Pemerintah Pusat,” papar Mahajaya.

Baca juga :  Datangi Dua Objek Wisata di Nusa Penida, Forkopimcam Minta Pungutan Wisatawan Dihentikan

Menurut Mahajaya, 8.457 KK sasaran BLT minyak goreng tersebut merupakan warga miskin yang datanya sudah tercover dalam Program Keluarga Harapan (PKH). Jumlah tersebut tersebar di Kecamatan Klungkung sebanyak 1.753 KK, di Kecamatan Dawan 1.338 KK, di Banjarangkan 1.420 KK, dan di Kecamatan Nusa Penida sebanyak 3.967 KK.

“Sesuai rencana, pencairan akan dibayarkan sekali untuk jangka waktu bulan April-Juni melalui kantor pos,” katanya.

Baca juga :  Bazaar Klaster Mantriku, UMKM Binaan Dapat Sertifikat Halal

Sementara berdasarkan jadwal, pencairan BLT minyak goreng ini akan dilakukan mulai tanggal 14-18 April. Seperti di Kecamatan Banjarangkan, pencairan akan dimulai pada tanggal  14-17 April. Kemudian di Kecamatan Dawan mulai 16-18 April, di Kecamatan Klungkung mulai tanggal 16-18 April, demikian juga dengan di Kecamatan Nusa Penida. Pengambilan BLT minyak goreng juga sudah terjadwal di desa, untuk mengantisipasi krodit di Kantor Pos.

Baca juga :  Sukses Terselenggara, BRI Liga 1 Jadi Pembuktian Indonesia ke Kancah Internasional

“Jadi kebijakan ini sebenarnya untuk merespon kenaikan harga minyak goreng. Nanti masyarakat mendapatkan bantuan uang tunai, bisa untuk membeli minyak goreng dan kebutuhan lainnya,” ungkap Mahajaya.

Terkait rencana penyaluran BLT minyak goreng ini, Mahajaya mengingatkan agar KK sasaran benar-benar memanfaatkan bantuan tersebut sesuai kebutuhan.

“Harapan saya, bantuan BLT minyak goreng yang disalurkan melalui Kantor Pos ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini,” pintanya. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini