Patung Kapten I Wayan Dipta di Gianyar Diresmikan

picsart 22 04 13 18 53 27 274
RESMIKAN PATUNG - Pemkab Gianyar, saat meresmikan patung Kapten I Wayan Dipta, di Jalan By-pass Dharmagiri, Gianyar, Selasa (12/4/2022) malam.

Gianyar, DENPOST.id

Setelah beberapa lama didengungkan oleh keluarga pahlawan dan veteran akan keinginannya mendirikan patung sosok pejuang asli Kabupaten Gianyar, dalam mempertahankan kemerdekaan, akhirnya patung Pahlawan Kapten I Wayan Dipta berdiri megah di ujung barat Jalan By-pass Darmagiri Gianyar. Pada, Selasa (12/4/2022) malam, dipilih menjadi hari peresmian patung Kapten I Wayan Dipta sebagai monumen Perjuangan Rakyat Gianyar. Di mana, tanggal peresmian merupakan tanggal wafatnya Komandan Pemuda Republik Indonesia (PRI) yang bertugas memimpin gerakan mempertahankan kemerdekaan di Kabupaten Gianyar.

“Kita meresmikan monumen ini di tanggal 12 April, artinya beliau tidak pernah mati. Semangatnya, spiritnya, perjuangannya, cita-citanya selalu hidup di Kabupaten Gianyar. Kita sebagai penerusnya meneruskan dengan sebenarnya. Kalau dulu beliau berjuang mempertahankan kemerdekaan, kini kita berjuang melawan kebodohan, kemiskinan dan yang lainnya,” kata Bupati Mahayastra, saat peresmian.

Baca juga :  Pelukis Kontemporer Batuan, Wayan Bendi Berpulang

Dikatakan Mahayastra, dulu perjuangan meraih kemerdekaan, tapi sekarang ini perjuangannya bagaimana mengentaskan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, kesejahteraan. “Semuanya kita bicarakan. Jadi, itu tidak mudah karena kita hadapi adalah warga sendiri yang belum tentu bisa sejalan dengan apa yang kita lakukan,” katanya.

Ditanya mengenai dipilihnya sosok Kapten I Wayan Dipta, Bupati Mahayastra mengatakan karena Kapten Dipta merupakan sosok pemimpin pergerakan di Kabupaten Gianyar. “Pejuang kita banyak, tapi tidak semuanya harus dibuatkan patung yang penting terwakili. Dan Kapten Dipta merupakan pemimpin gerakan mempertahankan kemerdekaan di Kabupaten Gianyar, sehingga bernama Kapten,” terangnya.

Baca juga :  Polsek Ubud Vaksinasi Lansia

Dengan dibuatnya Patung Dipta, keluarga besar Kapten I Wayan Dipta, yang diwakili Ketut Sri Handayani menyampaikan terima kasih kepada Bupati Gianyar. “Saya selaku keluarga besar Kapten I Wayan Dipta mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Gianyar yang telah menyerap aspirasi kami. Artinya dengan berdirinya Patung Kapten I Wayan Dipta, kita masih mengenang sejarah perjuangan Kabupaten Gianyar,” ujar Sri Handayani.

Acara peresmian Patung Dipta diisi dengan berbagai pertunjukan, seperti menyanyikan lagu-lagu kebangsaan, mural perjuangan, dan pragmentari yang mengusung tema perjuangan.
Nampak suasana kemerdekaan yang penuh perjuangan menghiasi prosesi peresmian Patung I Wayan Dipta. Tidak kalah menarik, persembahan peragaan busana Dekranasda Kabupaten Gianyar, di bawah komando Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra juga membius hadirin.

Baca juga :  Terpeleset, Dua Orang Bule Jatuh ke Jurang

Perkumpulan designer dalam Tembang Warni Ikat Gianyar di bawah naungan Dekranasda Kabupaten Gianyar juga menampilkan karya-karya terbaiknya, seperti Shima Boutique, Cap Bali, Dian Jelantik, Andhika Pagimotley, serta designer muda berbakat Dika Saskara yang ikut memeriahkan peresmian Patung Kapten I Wayan Dipta.

Namun yang mengundang riuh hadirin saat para istri pimpinan OPD dan kepala OPD perempuan berjalan anggun di atas panggung menampilkan kain hasil tenunan asli Gianyar, dengan design yang tak kalah menarik. Ikut pula Agung Mayun beserta Ketua Gatriwara Ayu Tagel Winarta, dan Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra tampil anggun dengan balutan busana berwarna ungu. (116)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini