Cegah Kebakaran Akibat Korsleting, PLN Sarankan Instalasi Listrik Dikerjakan Ahli

picsart 22 04 14 09 06 40 913
TERBAKAR - Kantor Badan Pendapatan (Bapenda) Provinsi Bali terbakar, Kamis (14/4/2022) sekitar pukul 24.15.

Sumerta, DENPOST.id

Dua peristiwa kebakaran di Denpasar turut menjadi perhatian General Manager PLN Unit Induk Distribusi Bali, Wayan Udayana. Dia menyebut kebakaran acapkali identik dengan korsleting listrik, kendati tak semua demikian.

Dalam mencegah potensi tersebut, Udayana menyarankan agar instalasi listrik di sebuah gedung harus dikerjakan oleh pakarnya.
“Kebakaran itu seolah-olah identik dengan PLN, tapi tidak juga ya, kebakaran itu banyak (penyebabnya), salah satunya yang tren itu biasanya instalasi. Kami berharap masyarakat care (peduli) dengan instalasi listriknya. Ada lembaga yang bisa melakukan assesment,” ujarnya.

Baca juga :  Berstatus Tersangka, Jerinx SID Huni Sel Polda Bali

Itu ia sampaikan usai memimpin upacara Apel Siaga Idul Fitri 1443, Kamis 14 April 2022 di Kantor PLN UID Bali, Jl. Cok Agung Kresna, Denpasar.
Dia menilai peran lembaga yang melakukan pemeliharaan instalasi sangat penting. Perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala, untuk mengetahui kelayakan instalasi di sebuah gedung.

Dia mengimbau masyarakat agar tak sembarang mengganti komponen kelistrikan dengan jasa pihak yang tak berpengalaman, atau mengganti sendiri tanpa mengetahui caranya. Misalnya nambah daya, harus menggunakan orang yang ahli.

Baca juga :  Penari Badut Diamankan Satpol PP

“Itu beresiko besar, menyebabkan instalasi tidak mampu dan terbakar. Kalau bisa penambahan peralahan harus dilakukan oleh orang yang paham,” terangnya.

Serangkaian Idul Fitri, dia menjelaskan bahwa PLN telah menyiapkan diri. Seperti menyiapkan ratusan personel dari pegawai PLN maupun pegawai dari perusahaan yang menjadi mitra PLN.

Ada 237 personel PLN yang tersebar di 52 posko di lokasi dan kegiatan yang dinilai padat aktivitas saat Idul Fitri dan dari mitra kerja PLN yakni Yantek akan menerjunkan 527 personel. Sedangkan untuk unit PDKB Pekerjaan Dalam keadaan Bertegangan berjumlah 10 unit. (106)

Baca juga :  Satpol PP Bubarkan Pengunjung Kafe Diva

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini