Bupati Suwirta Ajak Pelaku Usaha Bangkitkan Produk Lokal Klungkung

picsart 22 04 15 19 12 57 021
BUKA SOSIALISASI - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, saat membuka kegiatan sosialisasi e-katalog lokal di ruang rapat Praja Mandala, Kamis (14/4/2022)

Semarapura, DENPOST.id

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, membuka kegiatan sosialisasi e-katalog lokal di ruang rapat Praja Mandala, Kamis (14/4/2022). Program ini, merupakan upaya meningkatkan peran serta pelaku Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi (UMK-Koperasi) dalam pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai amanat dari Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2021. Saat ini, Pemkab Klungkung telah mengelola katalog lokal sebanyak 10 etalase produk.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Suwirta sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan sosialisasi e- katalog lokal. Oleh karena itu, dia berharap para pelaku usaha UMKM, khususnya yang ada di Kabupaten Klungkung untuk terus membangkitkan produk-produk lokal, seperti beras, garam, air minum kemasan (udaka) maupun kain endek. Ini dilakukan untuk menindaklanjuti arahan dari Presiden RI, maupun Gubernur Bali untuk penggunaan produk dalam negeri. “Dari semua peluang yang ada, mari bersama-sama terus bangkitkan produk lokal kita, seperti beras, garam, air minum kemasan (udaka) maupun kain endek,” ujar Suwirta.

Baca juga :  Klungkung Berencana Bangun Jalan Lingkar di Ceningan

Suwirta yang sudah menekuni dunia koperasi selama 28 tahun ini juga tidak henti-hentinya memberikan pemahaman kepada pelaku usaha. Oleh karena itu, bupati meminta supaya produk dalam negeri ini benar-benar harus dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Niat baik pemerintah tolong diikuti dengan baik, jangan patah semangat. Kita harus berani melompat dan rangkul anak-anak muda untuk menata usaha melalui digitalisasi,” harap Suwirta.

Sementara Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa Klungkung, Ida Bagus Wirawan Adi Putra mengatakan sosialisasi ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Kepala LKPP Nomor 43 Tahun 2022 tentang Penetapan Persetujuan Pengelolaan Katalog Electronik Lokal.

Baca juga :  Ribuan Masyarakat Tampaksiring dan Tegallalang Dapat BTPKLW

Di mana, program ini merupakan upaya meningkatkan peran serta pelaku UMK-Koperasi dalam pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai amanat dari Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2021. Sedangkan saat ini, Pemkab Klungkung telah mengelola katalog lokal sebanyak 10 etalase produk. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini