Ditebas ODGJ, Bendesa Yeh Kuning Terluka Saat Saksikan Latihan Makepung

picsart 22 04 17 18 50 13 530
BENDESA TERLUKA - Bendesa Yeh Kuning, Kecamatan Jembrana, Nengah Wartono, yang terluka karena ditebas menggunakan sabit oleh Mukarom, yang mengalami gangguan jiwa.

Negara, DENPOST.id

Kasus penganiayaan terjadi, Minggu (17/4/2022), di Jalan Desa Banjar Tunjung, Desa Delodberawah, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana.
Kejadian ini, dialami korban Nengah Wartono yang merupakan Bendesa Yeh Kuning, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana.

Korban ditebas dengan menggunakan sabit oleh pelaku Mukarom dari Desa Air Kuning, Kecamatan Jembrana. Dari informasi, kejadian berawal ketika Komang Sutama dan Wayan Sweler dari Desa Mendoyo Dangin Tukad, Kecamatan Mendoyo berdiri di pinggir jalan bersama korban Nengah Wartono, yang sedang menonton latihan Makepung di Delod Berawah.

Tidak berselang beberapa menit kemudian, datang pelaku dengan membawa sebilah sabit sambil dihunus dengan berkata “Mangku Wartono ne, kesepeg tran (ini Mangku Wartono, mau ditebas-red)” dan dijawab oleh korban “do je nyepeg mape (tidak boleh menebas -red)”.

Selanjutnya korban berbalik badan membelakangi pelaku dan seketika pelaku menebas korban mengenai di pangkal lengan kiri bagian belakang. Setelah pelaku menebas korban, pelaku berjalan mengarah ke barat sambil memegang sebilah sabit.

Baca juga :  Dirut RS Unud: Waspadai Penularan Hepatitis Akut dari Arus Balik

Atas peristiwa tersebut, korban dibawa ke Puskesmas Yeh Kuning, untuk mendapatkan pertolongan. Korban mengalami luka robek pada pangkal lengan kiri bagian belakang, luka jaritan luar sebanyak 9 dan luka dalam dijarit sebanyak 6 jaritan. Selanjutnya korban dirujuk ke RS Negara, untuk mendapatkan obat anti titanus.

Kemudian pelaku diamankan di Polsek Mendoyo. Pelaku memiliki riwayat gangguan kejiwaan dan pernah dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Bangli.

Baca juga :  Badung Selatan Nihil Kasus PMK

Saat dikonfirmasi, I Nengah Wartono menjelaskan awalnya dirinya menonton latihan Makepung di Desa Delod Berawah, berdiri di samping jalan. Dia melihat seorang membawa sabit. Saat dia menengok kerbau lagi berpacu, seketika pelaku menebas dirinya sebanyak dua kali. Semua penonton latihan Makepung katanya tidak berani menghalau pelaku dikarenakan membawa sabit. Di mana, diduga sabit tersebut dapat rampasan dari seseorang yang sedang mencari rumput.

Baca juga :  Pemuda Asal Sumba Itu Ternyata Dibunuh, Tiga Tersangka Diciduk, Satu Buron

Mangku Wartono mengaku dirinya kenal, di mana pelaku merupakan tetangganya akan tetapi tidak akrab. Pelaku juga diketahui dari dulu ODGJ.

,Kapolsek Mendoyo, AKP I Putu Sudarmadi dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Pelaku, disebut merupakan ODGJ telah menebas bahu sebelah kiri korban hingga luka robek, saat menonton latihan Makepung di Desa Delodberawah.

Dikatakan pelaku mengambil sabit seorang warga yang sedang mencari rumput dan bertemu dengan korban. Setelah pelaku diamankan di Polsek Mendoyo, sebelum pelaku di bawa ke RSJ Bangli, dokter dari Puskesma Mendoyo langsung memberikan suntikan penenang agar tidak berontak selama perjalanan. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini