Makan Korban Jiwa, Galian C Ilegal di Desa Batuan Ditutup

picsart 22 04 19 18 11 03 479
STOP GALIAN - Pemasangan spanduk penyetopan galian C batu padas di aliran Tukad Petanu, Banjar Peninjoan, Desa Batuan, Sukawati, Selasa (19/4/2022)

Gianyar, DENPOST.id

Pascamakan korban jiwa meninggal dunia, Made Wirka (51) warga Banjar Sema Bonbiu, Desa Saba, Blahbatuh, Gianyar pada, Sabtu (16/4/2022), kini tempat penambangan batu padas galian C di pinggiran aliran Tukad Petanu, wilayah Desa Peninjoan, Desa Batuan, Sukawati, Gianyar, ditutup total oleh Polsek Sukawati, Selasa (19/4/2022).

Penutupan penambangan tanpa ijin (Stop Ilegal Minning ) pencarian batu padas di galian C Subak Petanu, Banjar Peninjoan, Desa Batuan, ditutup permanen. Selain penambangan tidak punya ijin, tempat ini juga rawan makan korban jiwa.

Baca juga :  Tanah Longsor Timbun Gudang di Keramas

Penutupan lokasi galian C dipimpin Kapolsek Sukawati, Kompol Made Ariawan P, S.H., bersama 10 orang anggotanya.

Sebelum penutupan lokasi penambangan, terlebih dahulu polisi mengumpulkan dan mendata para pemilik lahan, pengontrak lahan dan buruh, dengan diberikan arahan dan peringatan kepada para pencari batu padas untuk tidak kembali melakukan pencarian batu di areal penambangan.

Kapolsek Kompol Made Ariawan mengatakan pihaknya tidak menghambat pencarian nafkah dan penghasilan dari para pengusaha galian batu padas, namun harus mematuhi peraturan pemerintah dengan memiliki ijin atau mengurus ijin tambang batu batas. Mengingat, dengan adanya peristiwa atau musibah longsor yang mengakibatkan buruh tambang batu padas, I Made Wirka meninggal dunia.

Baca juga :  Rumpun Bambu Tumbang Halangi Jalan di Melinggih

Dengan adanya kejadian tersebut, para penambang tidak melakukan aktivitas penambangan kembali. Mengingat, situasi di lokasi penambangan sangat berbahaya. Kemungkinan akan kembali terjadinya longsoran.

Sementara dari perwakilan pengusaha pemilik lahan penambangan batu padas, I Ketut Gelan menyampaikan terimakasih kepada Polsek Sukwati, sudah memberikan arahan dan petunjuk terkait dengan adanya musibah longsoran batu padas yang menyebabkan buruh meninggal dunia. (116)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini