Pelaku dan Puluhan Kayu Pembalakan Liar di TNNB Diamankan

picsart 22 04 20 18 17 50 616
AMANKAN KAYU - Barang bukti kayu yang diamankan petugas.

Negara, DENPOST.id

Petugas mengamankan dua orang terduga pelaku pembalakan liar di kawasan hutan Taman Nasional Bali Barat (TNBB), blok hutan Cekik, Gilimanuk, akhir pekan lalu. Selain puluhan kayu yang sudah dipotong balok, petugas TNBB juga mengamankan tiga unit sepeda motor bodong yang digunakan mengangkut kayu dari kawasan hutan.

Dua orang pelaku yang kedapatan mengangkut kayu Sonokeling berikut barang bukti diserahkan ke Polres Jembrana, untuk proses lebih lanjut.

Baca juga :  Kejurda Jimbarwana Pickleball Championship 2021 Dibuka

Kepala Balai TNBB, Agus Ngurah Krisna, Rabu (20/4/2022), dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan yang dilakukan saat patroli pada Sabtu (16/4/2022) dini hari sekitar pukul 03.00 Wita.

Menurut dia, petugas mendapati aktivitas pengangkutan balok kayu dari dalam hutan Blok Cekik, Gilimanuk menggunakan sepeda motor bodong. Dua pelaku diamankan dan satu orang berhasil melarikan diri. Kayu-kayu yang diamankan total ada 24 balok Sonokeling bermacam ukuran dan rencananya hendak dikeluarkan dari wilayah hutan.

Baca juga :  Diduga Korsleting Listrik, Tujuh Warung Rakyat di Pantai Melasti Ludes Terbakar

Pihaknya sudah menyerahkan ke Polres Jembrana, untuk tindaklanjut terkait proses hukum terduga pelaku pembalakan liar ini di kawasan taman nasional. Selain 24 balok kayu Sonokeling yang diamankan, petugas juga mengamankan tiga unit sepeda motor bodong. Sepeda ini sengaja dimodifikasi untuk menjelajah medan hutan dan mengangkut kayu dari dalam hutan.

Kasus pembalakan liar di Kawasan Taman Nasional Bali Barat ini merupakan yang kedua di tahun 2022. Agus Ngurah Krisna mengharapkan aksi ini merupakan yang terakhir dan masyarakat diminta untuk ikut menyadari menjaga hutan tetap lestari. (120)

Baca juga :  Arus Mudik Idul Adha Mulai Meningkat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini