Jalan Nasional di Bali Siap untuk Jalur Mudik

picsart 22 04 23 14 08 38 824
Kepala BBPJN Jawa Timur-Bali, Ir. Achmad Subki

Negara, DENPOST.id

Jalan nasional di Bali khususnya Denpasar-Gilimanuk dipastikan siap untuk jalur mudik. Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana, Sabtu (23/4/2022) mengatakan, khusus jalan nasional jalur mudik di wilayah hukum Polres Jembrana menurutnya sudah siap dan tanpa kendala. Dikatakannya, Polres telah berkoordinasi dengan instansi terkait, termasuk pendataan titik pohon perindang dan pemangkasan antisipasi gangguan. Begitu pun dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali yang juga mempersiapkan jalan nasional di Provinsi Bali agar dapat digunakan sebagai Jalur Lebaran Tahun 2022 bagi para pemudik.

“Kita sudah koordinasi dan dari pengecekan jalan sudah siap tanpa kendala,” kata Juliana.

Persiapan ini dimaksudkan guna memberikan kenyamanan bagi para pemudik ataupun para wisatawan yang hendak menghabiskan libur cuti bersama ke Pulau Dewata itu.

Kepala BBPJN Jawa Timur-Bali, Ir. Achmad Subki, dalam keterangannya mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk mempersiapkan jalan nasional sebagai Jalur Mudik Lebaran. “Jika ada jalan berlubang agar cepat ditutup. Rumput-rumput di pinggir jalan dirapikan, serta cek drainase agar tidak ada genangan saat hujan,” kata Achmad Subki.

Baca juga :  Pengendara Motor Tewas Ditabrak Minibus

Dia menegaskan, penanganan jalan nasional tersebut harus selesai pada H-10 yang jatuh pada Jumat 22 April 2022. “Sebagaimana arahan Menteri PUPR, pekerjaan perbaikan, pekerjaan rutin pada jalan nasional sudah harus selesai H-10 sehingga tidak mengganggu kenyamanan pemudik,” jelas Achmad Subki.

Lebih lanjut dia menjelaskan, saat ini sekitar 98,65% kondisi jalan nasional khususnya di Provinsi Bali dalam kondisi mantap sehingga sudah siap untuk dilalui para pemudik yang akan pulang kampung ke Bali atau Lombok melewati jalur darat saat.
Khusus di wilayah Bali, BBPJN Jawa Timur-Bali sendiri telah menyiapkan 7 titik Posko Lebaran PUPR.

Baca juga :  Area Gedung THR di Gilimanuk Akan Dimaksimalkan

Kepala Bidang Preservasi II BBPJN Jawa Timur-Bali, Ir. Roby Abipramono, menambahkan, posko-posko tersebut disiapkan untuk menyambut para pemudik yang kelelahan saat berkendara melintasi jalan nasional. “Posko Lebaran tersebut terletak di pinggir jalan dan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas seperti tempat istirahat, toilet, peralatan medis serta tempat ibadah. Posko juga dilengkapi alat berat yang siap digerakkan jika ada bencana atau perbaikan jalan,” papar Roby.

Baca juga :  Dua Warga Positif, Bupati Artha Instruksikan Perluas Pemantauan

Adapun 7 titik lokasi Posko Lebaran PUPR di Provinsi Bali yakni Ruas Jalan Gilimanuk – Cekik (dekat Tugu Cekik di Pelabuhan Gilimanuk), Ruas Bts. Kota Negara – Pekutatan Km 84+500 (Desa Penyaringan, Jembrana), Jalan Amlapura (dekat Pom Bensin Kubu, Singaraja), Ruas Kusamba – Angentelu Km. 51 + 900 DPS (Desa Antiga Kelod, Karangasem), Ruas Mengwitani – Bts. Kota Tabanan Km. 15+050 DPS (Mengwitani, Badung), Ruas Simpang Tohpati – Simpang Pantai Siut Km. 16+400 DPS (Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Gianyar), Ruas Sakah – Blahbatuh (023) Km. 20+150 DPS (Jl. Wisma Gajah Mada, Gianyar). (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini