Jelang Mudik, Warga Berburu Uang Pecahan Kecil

picsart 22 04 25 15 42 24 974
TUKAR UANG - Jelang mudik, masyarakat ramai menukarkan uang pecahan kecil.

Sumerta Klod, DENPOST.id

Menjelang mudik lebaran, ratusan warga berburu uang pecahan kecil untuk dijadikan oleh-oleh kepada sanak saudara di kampung halaman.
Suasana itu terlihat di layanan penukaran uang di timur Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Senin (25/4/2022) siang.

Layanan ini kembali digelar Bank Indonesia sejak dua tahun terakhir karena adanya pembatasan kegiatan masyarakat. Warga yang hendak menukarkan uang wajib mengisi registrasi dengan aplikasi PINTAR milik Bank Indonesia.

Bank Indonesia tidak membatasi jumlah uang yang ditukarkan oleh masyarakat. Hanya saja dalam sehari ditagetkan maksimal 600 penukar. Jumlah uang yang ditukarkan warga cukup beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, menyebutkan, layanan yang melibatkan sembilan bank di Bali ini berlangsung hingga 29 April 2022 mendatang.

Baca juga :  Koperasi Mesti Dikelola Profesional

“Berapapun nukar, kita sediakan. Jadi warga bisa menukarkan uang mulai dari pagi sampai jam 12.00,” katanya. Pada hari pertama, Trisno mengakui bahwa kunjungan tak begitu ramai.

Namun dia memprediksi kunjungan akan ramai pada hari berikutnya. Sebelumnya dia menyampaikan Bank Indonesia Provinsi Bali menyediakan uang sebanyak Rp 4,9 triliun untuk kebutuhan penukaran uang di Bali.

Jumlah tersebut empat kali lipat dari jumlah kebutuhan uang masyarakat Bali pada hari biasa. Dia menyebut penggunaan uang di Bali mulai meningkat seiring kebutuhan masyarakat dan kedatangan wisatawan mancanegara.
Namun jumlah saat ini masih bertahan di 50 persen dari total jumlah uang yang dibutuhkan masyarakat Bali saat sebelum pandemi.

Baca juga :  Sejumlah Rumah Warga di Jl. Bung Tomo Kebanjiran

Ibu Stefi, salah satu penukar uang mengatakan dimudahkan dengan adanya aplikasi penukaran uang. Uang pecahan kecil yang telah ia peroleh akan dibagikan kepada ponakan maupun tetangganya di Pulau Jawa.

Dia mengaku senang akhirnya pemerintah mengizinkan masyarakat untuk mudik pada lebaran tahun 2022 ini. Hal ini menjadi momentum untuk melepas rindu setelah dua tahun tak bertemu keluarga secara langsung. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini