Ribuan Pecalang Dilibatkan Dalam Pengamanan KTT G-20

picsart 22 04 26 13 56 59 705
BERIKAN PEMBEKALAN - Kapolresta Denpasar, AKBP Bambang Yugo Pamungkas usai memberikan pembekalan terhadap pecalang.

Padangsambian, DENPOST.id

Pengamanan acara Internasional KTT G-20 yang akan digelar di Kuta Selatan, Badung Bali, turut melibatkan yakni pecalang. Ribuan pecalang yang ada di masing-masing desa adat Denpasar dan Badung telah diberikan pembekalan oleh TNI/Polri di Aula Gereja Lembah Pujian, Jalan Antasura, Peguyangan Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, Selasa (26/4/2022) pukul 09.00.

Kapolresta Denpasar, AKBP Bambang Yugo Pamungkas, mengungkapkan, para pecalang yang tergabung dalam Sistem Pengamanan Berbasis Desa Adat (Sipandu Beradat), dikumpulkan untuk diberikan pembekalan pengamanan sesuai dengan fungsinya. “Kami melaksanakan kegiatan optimalisasi peranan dari Sipandu Beradat. Ini terkait dengan perannya dalam menjaga Kamtibmas menjelang kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi G-20, Oktober mendatang,” ungkap Bambang.

Baca juga :  Cegah Kerumunan, Satpol PP Bersama TNI Jaga Lapangan Puputan Badung

Dilibatkannya pengamanan berbasis desa adat ini berdasarkan arahan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Dengan harapan bisa menangani permasalahan atau gangguan kecil dari tingkat bawah.

Para pecalang ini nantinya melakukan pengamanan di lingkungan tempat tinggal masing-masing, di lokasi tempat digelarnya konferensi (di Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung), dan di lokasi wisata yang akan dikunjungi delegasi. “Mereka menjalankan tugas kepolisian terbatas. Mereka akan berkolaborasi dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan elemen masyarakat lainnya. Sebagai Pam swakarsa, mereka harus tahu bagaimana bertindak, berkoordinasi, dan lainnya,” papar Kapolresta. (124)

Baca juga :  Setahun PPKM, Tim Yustisi Raup Denda Rp161,7 Juta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini