Pasar Murah, Bangli Siapkan 4,5 Ton Minyak Goreng

picsart 22 04 28 12 15 33 772
ANTRE - Suasana antrean para pembeli minyak goreng curah di operasi pasar murah yang di gelar di areal Pasar Kidul, Bangli.

Bangli, DENPOST.id

Menjelang hari raya Idul Fitri, operasi pasar murah digelar di Kabupaten Bangli, Kamis (28/4/2022). Produk yang kali ini disediakan adalah minyak goreng curah yang dijual di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET). Untuk Bangli, pemerintah menyiapkan 4,5 ton atau 4.500 kg minyak yang bisa dibeli masyarakat pemilik KTP Bangli.

“Hari ini kami mendapat giliran diadakannya pasar murah untuk salah satu kebutuhan pokok yaitu minyak goreng curah. Pasar murah ini bekerjasama dengan Satgas Ketahanan Pangan Provinsi Bali,” kata Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta di sela memimpin pasar murah tersebut.

Dengan adanya pasar murah ini, dia berharap harga dari 20 jenis kebutuhan pokok masyarakat di pasar masih terkendali, sehingga tidak terjadi lonjakan. Kendati diakui kenaikan harga memang terjadi, namun diyakini belum mengkhawatirkan. “Selain pasar murah, kami juga lakukan pengecekan stok dan harga ke dalam Pasar Kidul. Hasilnya stok kebutuhan pokok masih aman dan harga masih tetap terkendali. Kenaikan ada beberapa tapi masih belum mengkhawatirkan. Mudah-mudahan nantinya tetap stabil dan tidak terjadi lonjakan yang signifikan,” tegas Bupati asal Sulahan, Susut itu.

Sedana Arta menekankan, pasar murah ini akan terus berlanjut sesuai kebutuhan. Kegiatan serupa juga akan digelar di masing-masing kecamatan oleh Disperindag Kabupaten Bangli. “Untuk di kecamatan nanti ada, untuk kapan pastinya masih dijadwalkan,” katanya.

Baca juga :  BRI Imbau Masyarakat Jaga Kerahasiaan Data & Password

Sementara itu, Kadisperindag Kabupaten Bangli, I Wayan Gunawan menambahkan, untuk kloter pertama, stok minyak 4,5 ton diperuntukkan bagi 350 orang pembeli. Di mana masing-masing pembeli diberikan jatah maksimal hanya membeli 20 liter, dengan harga Rp 15.500 per liter.
Guna menghindari antrean panjang atau berjubel, pendaftaran bagi pembeli sudah dilakukan sehari sebelumnya.

“Kemarin yang daftar sudah ada 350 orang. Nah kita layani itu dulu. Semisal setelah semua dapat dan masih ada stok minyak goreng, baru pendaftaran hari ini kembali dibuka dan langsung bisa beli. Kan tidak semua belinya 20 liter, ada yang beli di bawah itu seperti tadi ada yang empat sampai lima liter saja,” beber Gunawan.

Baca juga :  Peningkatan Pariwisata Bangli Jadi Bahasan Utama Forkompimda

Dewa Ayu Trisna, salah seorang pembeli mengaku sudah dari pagi mengantre untuk membeli minyak goreng. Karena memiliki usaha di rumahnya, dirinya membeli 20 liter sekaligus. Sebelumnya dirinya membeli minyak goreng curah dari harga Rp 20 ribu hingga Rp 22 ribu per liternya. “Ya, cukup terbantu dengan adanya pasar murah ini. Walaupun harus mengantre dari pagi tidak apa. Mudah-mudahan sering ada yang seperti ini (pasar murah),” harapnya yang diamini oleh pembeli lainnya.

Baca juga :  Seorang Nenek Ditemukan Tewas di Kandang Babi

Pantauan di lokasi, para pembeli dilayani satu per satu dengan menyerahkan nomor pendaftaran yang telah dikantongi pembeli sehari sebelumnya. Meskipun tidak terlalu berjubel, antrean tetap terjadi. Hingga pukul 11.00 Wita, pembeli yang terlayani sudah sampai antrean nomor 251. Dan mereka pun masih dengan sabar menunggu giliran. Bahkan ada warga yang belum terdaftar ikut menunggu, dengan harapan masih bisa beli dengan sisa dari 350 pembeli sebelumnya. (128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini