Bule Menari Bugil Alami Gangguan Psikologis, Deportasi Belum Past

buleku
DIAMANKAN - Jeffrey Douglas Craigen saat diamankan di kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar. (DenPost.id/ist)

Denpasar, DenPost 

Pasca-diamankan Tim Intelkam Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar pada Minggu (24/4), bule Kanada yang menari bugil di lereng Gunung Batur, Kintamani, Bangli, Jeffrey Douglas Craigen, ditahan di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) sebelum dideportasi ke negara asalnya. Rudenim adalah penampungan sementara bagi orang asing yang melanggar UU No.6 Tahun 2011 tentang keimigrasian yang kemudian dikenai tindakan keimigrasian berupa deportasi atau pemulangan.

Sejauh ini, menurut pejabat Kemenkumham Bali, deportasi terhadap Craigen belum dapat diputuskan, karena dia masih ditahan di Rudenim. Kakanwil Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk mengaku belum bisa memastikan kapan tanggal pendeportasian terhadap Craigen. “Masih dalam proses koordinasi dengan pihak kedutaan. Untuk jadwal keberangkatannya, kami sedang menunggu tersedianya tiket berangkat yang disiapkan oleh sponsor atau penjamin orang asing tersebut. Semakin cepat semakin baik,” tegasnya, Kamis (28/4/2022).

Baca juga :  Sidak Sekolah, Ketua Dewan Temukan Bangunan Hancur

Menurut Jamaruli, kondisi Craigen sedang kurang baik dari segi psikologis. Meski demikian, fisiknya sehat dan dapat berkomunikasi sebagaimana mestinya. “Kami sudah berkoordinasi dengan pihak kedutaan perihal keberangkatan yang bersangkutan dari Rudenim Denpasar. Selain itu, kami sudah melakukan pendekatan secara persuasif kepada Craigen agar berkomunikasi dan mempersiapkan diri untuk proses deportasi,” tandas Jamaruli.

Sebelumnya Jamaruli Manihuruk dalam siaran persnya di Denpasar, pada Minggu (24/4), menyebutkan bahwa paspor WNA tersebut diamankan Tim Seksi Intel Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar. Sedangkan video yang dibuat Craigen dinyatakan sangat bertentangan dengan kebudayaan Indonesia, khususnya kebudayaan Bali, yang memegang teguh adat-istiadat dan norma agama.

Baca juga :  Soal Kasus Covid-19 di Bali, Ini Pergerakannya

Pada Senin (25/4/2022) pukul 09.00, petugas Imigrasi memeriksa dan memintai keterangan Craigen. Dia mengaku menari bugil di lereng Gunung Batur, Kintamani. Hasil pemeriksaan petugas, Craigen memegang izin tinggal kunjungan yang berlaku hingga 24 Mei 2022. Dia menginap Desa Keliki, Tegallalang, Gianyar.

WNA tersebut terbukti melanggar sehingga akan diberikan tindakan administratif keimigrasian berupa pendeportasian dan namanya dimasukkan dalam daftar cegah sebagaimana dimaksud Pasal 75 Ayat (1) UU No.6 Tahun 2011 tentang keimigrasian. Craigen yang berada di wilayah Indonesia dinyatakan melakukan kegiatan berbahaya dan patut diduga membahayakan keamanan serta ketertiban umum atau tidak menghormati atau tidak menaati peraturan perundang-undangan. Petugas Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, lalu menyita paspor milik Craigen. (yan)

Baca juga :  Cari Kayu Bakar, Nenek Linyar Tersesat di Semak-semak

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini