Jelang Idul Fitri, BBM di Jalur Mudik dan Wisata Terpenuhi dengan Baik

sabtu pertamnina
SERAHKAN BINGKISAN - Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan, dan Direktur Utama Elnusa Petrofin, Aditya Budi Prabowo, menyerahkan bingkisan kepada salah satu operator SPBU setelah memastikan ketersediaan stok BBM saat mudik dan berwisata pada libur lebaran. (DenPost.id/ist)

Denpasar, DenPost.id

Menjelang hari raya Idul Fitri 1443H, Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan, didampingi Direktur Utama Elnusa Petrofin, Aditya Budi Prabowo, mengunjungi Pertashop dan SPBU di Jatim dan Bali. Hal ini sebagai upaya memastikan ketersediaan stok BBM saat mudik dan berwisata pada libur lebaran.

Tempat yang dikunjungi yakni Pertashop 5P68414, SPBU 54.68423 Tj. Klatak  dan Integrated Terminal ( IT) Tanjung Wangi serta ASDP Ketapang di Banyuwangi, Jatim, pada Senin (25/4/2022), serta Pertashop 5P82203, SPBU 54.82213 di Jembrana, SPBU 53.80312 di Badung,  IT Manggis (Karangasem), stasiun pengisian pusat bulk elpiji (SPBBE), dan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara Ngurah Rai di Badung, pada Selasa (26/4/2022).

Dalam kunjungannya, Riva Siahaan memastikan pelayanan kebutuhan BBM selama mudik lebaran terpenuhi dengan baik. “Melalui kunjungan Safari  Ramadhan dari Banyuwangi ke Denpasar serta melihat beberapa tempat seperti di SPBU dan Pertashop maupun melakukan pengecekan, tim Satgas Ramadhan Idul Fitri (Rafi) 2022 Pertamina Patra Niaga di TBBM wilayah Banyuwangi dan Bali, kami melihat kesiapan cukup baik di Pertashop dan SPBU yang tidak terjadi kekosongan dan secara stok dijaga cukup aman untuk dapat mengantisipasi seandainya terjadi lonjakan konsumsi, khususnya BBM pertalite dan pertamax yang merupakan bahan bakar yang dibutuhkan  untuk para pelaku perjalanan pulang saat mudik dan masa libur lebaran tahun ini,” tegasnya.

Sebagai bentuk antisipasi peningkatan konsumsi BBM selama mudik Ramadan dan Idul Fitri 1443 H, PT Pertamina Patra Niaga di wilayah Jatimbalinus menyiapkan layanan tambahan seperti menambah jam operasional SPBU dan agen serta pangkalan elpiji yang menempatkan beberapa SPBU kantong (mobil tangki terisi yang disiagakan di SPBU).

Baca juga :  Sosialisasikan Peran Dalam Pulihkan Ekonomi, BI Edukasi Kalangan Mahasiswa

Menurut Riva, Pertamina berupaya memenuhi kebutuhan energi masyarakat terutama BBM dan elpiji selama mudik tahun 2022. “Secara keseluruhan, Pertamina siap melayani konsumen terutama pemudik pada hari raya Idul Fitri 1443 H nanti. Penambahan fasilitas layanan seperti SPBU kantong juga kami lihat tersedia sehingga secara keseluruhan, kami telah siap melayani pemudik,” ungkapnya.

Dia berharap program Satgas Rafi ini dapat mengawal perjalanan para pelanggan yang pulang kampung dengan baik dan aman hingga saat kembali dari kampung halaman menuju ke tempat atau lokasi kerja masing-masing.

Baca juga :  Target Menang, PDIP Siap Lakukan Ini di Pilkada Denpasar

Sales Area Manager  Pertamina Patra Niaga wilayah Bali, Ferry Pasalini, menambahkan khusus di wilayah Jatimbalinus, Pertamina Patra Niaga menyatakan siap melayani pemudik lebaran 2022.

“Selain menyiagakan stok di seluruh terminal BBM dan elpiji serta menambah jam operasional di 256 SPBU serta 7.118 unit agen dan outlet elpiji siaga, Pertamina Patra Niaga wilayah Jatimbalinus juga menambah fasilitas di tol Trans Jawa dan jalur wisata berupa 10 kiosk Pertamina Siaga, 100 motorist, 9 unit SPBU kantong serta 3 unit fasilitas kesehatan,” tegas Ferry.

Dia menambahkan, selama pelaksanaan Satgas Ramadan dan Idul Fitri 2022, diperkiraan ada kenaikan konsumsi BBM jenis gasoline sebesar 11%, elpiji sebesar 6% dan avtur sebesar 4% dari rata-rata harian normal. Sedangkan untuk BBM jenis gasoil turun 1,3% menjelang hari raya Idul Fitri 1443 H.

Baca juga :  Di Klungkung, Desa-desa yang Miliki Pantai Boleh Melasti

Begitu pun dengan kondisi stok BBM dan elpiji, Fery menambahkan kedua jenis produk tersebut memiliki jumlah stok aman selama Ramadan hingga Idul Fitri 1443 H.

“Saat ini stok di seluruh Terminal BBM dan Depot elpiji aman dengan coverage days rata-rata selama 5-20 hari, ” ungkap Ferry.

Demi memastikan ketersediaan stok dan mengoptimalkan penyaluran BBM serta elpiji ke masyarakat, Pertamina Patra Niaga di wilayah Jatimbalinus mengaktifkan pos layanan Satgas Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H sejak 11 April 2022 hingga 10 Mei 2022.

Melalui Satgas Rafi 2022, Pertamina Patra Niaga di Jatimbalinus berkomitmen memenuhi kebutuhan energi berupa BBM dan elpiji.  Bila konsumen mengalami kesulitan mendapatkan pasokan BBM dan elpiji, dapat menghubungi Pertamina Contact Center 135 atau informasi melalui aplikasi ‘’MyPertamina’’.  (yad/r)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini