Eksekutif dan DPRD Bangli Rancang Belasan Ranperda, Empat Di antaranya Inisiatif DPRD

picsart 22 05 03 19 38 47 749
RAPAT RANPERDA - Rapat DPRD Bangli, bersama eksekutif melakukan pembahasan ranperda.

Bangli, DENPOST.id

Pihak eksekutif dan DPRD Bangli berencana membahas 15 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda). Dari 15 ranperda tersebut, sebanyak 4 ranperda merupakan inisiatif DPRD.

Hal tersebut, terungkap dalam rapat antara Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemmperda) DPRD Bangli dan Eksekutif di Ruang Rapat DPRD Bangli, Kelurahan Kubu, belum lama ini.

Adapun Ranperda inisiatif DPRD yakni, Ranperda tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Lingkungan pada Kelurahan, Ranperda tentang Hak Protokoler Pimpinan dan Anggota DPRD Bangli, Ranperda tentang Tata Cara Penyusunan Program Pembentukan Perauran Dearah (Inisiatif) dan Ranperda Pengelolaan Air Tanah.

Sementara 11 ranperda yang diajukan eksekutif antara lain Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Pemukian Kumuh, Ranperda Perubahan atas Perda No 9 Tahun 2013 tentang RTRW Kabupaten Tahun 2013-2033, Ranperda Penyelengaraan Cadangan Pangan Daerah, Ranperda Pencabutan Perda No 6 Tahun 2012 tentang penyeleggaraan adminitrasi kependudukan, Ranperda Retribusi Penggunaan Tanaga Kerja Asing, Ranperda Pengelolaan Keuangan Daerah, Ranperda tentang Penyenggaraan Perizinan Berusaha di daerah, Ranperda tentang Pembangunan Industri Kabupaten Bangli Tahun 2022-2042.

Baca juga :  Agar Bisa Bantu Tim Medis, Prajurit Kodim 1626/Bangli Diberi Pelatihan Ini

Selain itu, juga terdapat ranperda tentang Pengembangan, Penetapan dan Pembinaan Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan, Ranperda tentang Penetapan Desa Persiapan menjadi Desa Difinitif dan terakhir Ranperda tentang Perubahan Bentuk Badan Hukum Perusahaan Daerah Bhukti Muki Bhati menjadi Perseroan Dearak Bhukti MUkti Bhakti.

“Kita akan kembali melakukan rapat usai liburan hari raya ini untuk memfinalkan eanperda apa saja nanti yang bisa dilakukan pembahasan,” kata Wakil Ketua DPRD Bangli, I Nyoman Budiada, dikonfirmasi Selasa (3/5/2022).

Baca juga :  Tinjau Penangan Sampah Kiriman, Bupati Giri Prasta Apresiasi Sinergitas Komponen yang Terlibat  

Dijelaskan dia, dari belasan ranperda itu ada sejumah ranperda yang telah diparipurnakan tahun sebelumnya. Salah satunya ranperda dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanana (PKP) Bangli. Selain itu, itu ada eanperda dari PUPR tentang Retribusi Pembangunan Gedung. “Rapat itu, untuk singkronisasi apakah ada pengurangan atau penambahan ranperda yang akan dibahas,” ujarnya.

Budiada lebih lanjut berharap agar pada pertemuan kedua nanti sudah ada keptusan final terkait ranperda yang akan dibahas, baik itu fisiknya maupun kajian akademisnya. “Jadi, kita harap meski liburan pihak Bapemperda eksekutif dan legislatif untuk bekerja untuk finalisasi rancangan perda yang diajukan,” pungkasnya. (128)

Baca juga :  Ini Alasan Dua Anggota Dewan "Walkout" dari Rapat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini