Kawasan Kuta Mulai Macet, Dishub Maksimalkan ATCS

picsart 22 05 04 19 26 44 558
MACET - Kondisi kemacetan di simpang sunset road Kuta yang terpantau di ATCS Pemkab Badung.

Mangupura, DENPOST.id

Arus lalu lintas di kawasan wisata Kabupaten Badung, tepatnya di Kecamatan Kuta mulai mengalami kemacetan. Dinas Perhubungan (Dishub) setempat pun berupaya mengurai lonjakan kendaraan yang menggular di sejumlah titik, seperti jalan menuju Pantai Kuta, Legian dan Seminyak.

Dari pantauan di lapangan, kondisi kemacetan sudah dimulai sejak pukul 09.00 Wita, dan banyak kendaraan lalu lalang dari plat luar Bali yang berlibur ke objek wisata Kuta hingga Kuta Selatan.

Baca juga :  Satgas GR Covid 19 Pecatu Dirikan Pos Edukasi

Kadishub Badung, AA Ngurah Rai Yuda Darma, saat dihubungi Rabu (4/5/2022), mengakui terjadi penambahan volume kendaraan saat libur Lebaran ini. Mengingat, pelaku perjalanan dalam negeri dengan tujuan perjalanan berwisata ke Bali, dengan mempergunakan kendaraan pribadi terkonsentrasi di Badung Selatan.

“Fenomena itu sudah kami prediksi sebelum Lebaran dan kemacetan di kawasan wisata tidak akan bisa terhindarkan. Akan tetapi kami pun sudah menyiapkan langkah-langkah,” ungkapnya.

Baca juga :  Porprov Bali XV Ditunda, Badung Tunda Renovasi Venue

Menurut dia, langkah antisipasi kemacetan dilakukan dengan memaksimalkan personel di lapangan dan pemanfaatan teknologi informasi Area Traffic Control System (ATCS) untuk mengendalikan Traffic Light (TL) antarsimpang yang terkoordinasi.

“Biasanya kemacetan simpulnya di Simpang-simpang akibat terjadinya peningkatan volume kendaraan akibat libur Lebaran,” ujarnya.

Kendati demikian, birokrat asal Kerobokan ini mengatakan tidak memberlakukan rekayasa lalu lintas. Hal ini dikarenakan infrastruktur dan kondisi jalan yang tidak memungkinkan. Hanya saja dalam membantu pihak kepolisian adalah menugaskan personel melakukan pengaturan di simpang yang terhubung dengan ATCS. “Untuk rekayasa lalin kami tidak lakukan, mengingat infrastruktur dan kondisi jalan tidak memungkinkan melakukan manajemen rekayasa lalu lintas. Penguraian kemacetan kami lakukan melalui CC Room ATCS oleh operator ATCS,” jelasnya. (115)

Baca juga :  Bandara Tambah Test PCR dan Buka Layanan Vaksinasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini