Nelayan Selamatkan Warga Turki yang Terombang – ambing Tiga Hari di Tengah Laut

picsart 22 05 05 19 22 26 619
SELAMATKAN WNA - WNA asal Negara Turki, Ethan Seckal, saat diselamatkan nelayan Kubutambahan pascaterombang-ambing di tengah laut selama tiga hari.

Singaraja, DENPOST.id

WNA asal Negara Turki, Ethan Seckal (39), terombang-ambing di tengah laut selama tiga hari akibat terjatuh dari kapal Big Boat dari Australia menuju ke Vietnam. Erhan Seckal yang juga kapten kapal ini, mengaku terjatuh dan ditinggal kapalnya sendiri.

Dia ditemukan terombang-ambing di rumah ikan (rumpon) milik nelayan Kubutambahan pada, Kamis (5/5/2022), dan dibawa ke daratan pesisir. Warga pesisir Kubutambahan Buleleng pun dibuat heboh dengan ditemukan seorang WNA dalam kondisi lemah yang terdampar di tengah laut.

Kasat Pol AKP Wayan Parta menjelaskan selain telah berkoordinasi dengan pihak Imigrasi Singaraja, juga melaporkan kepada Kapolres Buleleng. “Imigrasi Kelas II TPI Singaraja sudah kita sampaikan dan korban saat ini masih dalam perawatan di Puskesmas Kubutambahan,” ucapnya.

Seckal pertamakali ditemukan terdampar di wilayah laut Kubutambahan oleh Gede Budiasa (30) yang saat itu mencari ikan di sekitar rumpon.
Saat itulah Budiasa mendengar ada suara teriakan minta tolong dengan melambaikan tangan dari atas rumpon. Ia pun mendekati rumpon tersebut, ternyata terdapat orang asing yang terdampar di atas rumpon dalam kondisi lemas dan mengalami dehidrasi, dengan memakai celana pendek warna biru bergaris putih dan kaos oblong warna hitam.

Baca juga :  Maraknya Konten Porno di Medsos: Jika Terjebak, Bisa Jadi Korban Pemerasan

Melihat kondisi korban seperti itu, evakuasi pun dilakukan hingga Budiasa tidak lagi melanjutkan penangkapan ikan di tengah laut. WNA tersebut, dibawa ke pingir pantai Desa Kubutambahan untuk penanganan lebih lanjut dan dilaporkan ke Polsek Kubutambahan.

Korban kini masih menunggu pihak Imigrasi Kelas II TPI Singaraja, dan berkoordinasi dengan KBRI agar Erhan Seckal dapat dipulangkan kembali.

Sementara Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja, Mursalin seizin Kepala Imigrasi Singaraja Nanang Mustofa mengatakan saat ini WNA Turki atas nama Erhan Sechal tengah dimintai keterangan. Dari beberapa pengakuannya, peristiwa jatuhnya Erhan dari Big Boat memang murni kecelakaan. Bahkan menurut Mursalin, pihak Konsulat Turki sudah datang ke Kantor Imigrasi untuk memastikan warganya selamat dalam kasus tersebut.

Baca juga :  Insentif Nakes Belum Dibayar, Mendagri Tegur Bupati Gianyar

“Dari pihak Konsulat Turki sudah berkoordinasi dengan kami (Imigrasi) dan akan segera menerbitkan paspor sementara untuk Erhan,” kata Mursalin.

Pihaknya kini tengah menunggu data-data lengkap Erhan sebelum dilakukan proses penyerahan kepada pihak Kedutaan Turki. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini