Wadahi Kreativitas Sanggar dan Komunitas Seni Buleleng Lewat Pekan Apresiasi Seni

picsart 22 05 08 12 44 06 190
SENI - Pekan apresiasi seni di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Bung Karno, Sukasada, Sabtu, (7/5/2022)

Singaraja, DENPOST.id

Sebagai ajang pemantik semangat seniman untuk kembali tampil dalam berkesenian dan melestarikan budaya Buleleng, maka Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng menyelenggarakan pekan apresiasi seni di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Bung Karno, Kelurahan/Kecamatan Sukasada, Sabtu (7/5/2022).

Kegiatan dibuka Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, I Nyoman Wisandika. Melalui sambutannya, Wisandika menyampaikan pekan apresiasi seni merupakan program lanjutan dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng yang sebelumnya bernama Jumat Berkesenian. Karena pandemi melanda, membuat program Jumat Berkesenianpun ditiadakan sementara.

Baca juga :  Hujan Lebat, Tanah Longsor dan Pohon Tumbang Terjadi di Gianyar

Karena dirasa pandemi semakin melandai, Dinas Kebudayaan dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng berinisiatif kembali menghidupkan kegiatan berkesenian yang akan digelar setiap pekannya selama tiga bulan yang dimulai dari Mei sampai Juli 2022, di RTH Bung Karno.

“Astungkara atas restu Hyang Widhi Wasa, kedepannya kegiatan ini akan terus berlanjut di tempat yang kita banggakan ini,” ucap Wisandika.

Wisandika menambahkan pekan apresiasi seni akan diikuti lembaga seni dari sanggar seni/seka/kelompok seni yang bernaung di wilayah Kabupaten Buleleng. Proses pemilihan lembaga seni melalui pendaftaran ulang melalui google form. Hingga saat ini terdaftar 60 peserta yang akan mengikuti pekan apresiasi seni.

Baca juga :  Dikenal Ringan Tangan, Rumahnya Terisolir

Sementara ditemui usai pementasan, Koordinator Bondres Sanggar Seni Cunda Manik dari Desa Lemukih, Komang Widiada sangat mengapresiasi kegiatan ini untuk meningkatkan kreativitas seniman-seniman Buleleng, sekaligus sebagai wadah seniman dalam berkresiasi.

Widiada mengungkapkan bahwasanya penampilannya ini adalah yang pertamakalinya dia ikuti dalam konteks resmi. Melalui kegiatan ini, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng karena sudah memberikan ruang dalam mengapresiasi seniman Buleleng. (118)

Baca juga :  Enam Perempuan Maju Jadi Calon Perbekel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini