Pascalibur Lebaran, Satpol PP Klungkung Akan “Obok-obok” Kantong Duktang

picsart 22 05 08 18 20 02 846
TERTIBKAN DUKTANG - Satpol PP Klungkung, saat melakukan penertiban duktang di tempat kos-kosan, belum lama ini.

Semarapura, DENPOST.id

Pascalibur lebaran, Satpol PP Klungkung akan turun melakukan penertiban terhadap penduduk pendatang (duktang) liar. Penertiban inipun tidak hanya dilakukan terhadap kantong-kantong duktang yang ada di Klungkung daratan, namun juga di wilayah Nusa Penida.

Apalagi berkaca dari pengalaman sebelumnya, Satpol PP sering menemukan duktang pengangguran, yakni tanpa pekerjaan.

“Kami sering temukan duktang yang menganggur, tidak ada kerjaan. Itu yang ganggu ketertiban. Makanya kita antisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan. Apalagi kalau mereka tidak ada pekerjaan apa yang mereka makan,” ungkap Kasatpol PP dan Damkar Klungkung, Putu Suarta, Minggu (8/5/2022).

Menurut Suarta, dirinya di Satpol PP tidak alergi dengan kedatangan duktang di Klungkung. Hanya saja semua duktang yang datang harus mengikuti aturan. Salah satunya tertib administrasi dengan membawa identitas atau KTP dan mencari surat tanda lapor diri. Apalagi berkaca dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, biasanya momen arus balik ini akan dimanfaatkan oleh pemudik untuk mengajak saudara ataupun temannya ikut merantau ke Klungkung.

Baca juga :  Kerang Abalone Dikembangkan di Lembongan

“Kepada keluarga yang tadinya mudik dan kemudian balik lagi ke Klungkung, kami berharap agar melengkapi dengan administrasi kependudukan. Setelah sampai di tempat tujuan hendaknya melapor ke aparat desa setempat. Sehingga saudara-saudara yang baru datang diketahui oleh aparat setempat,” imbau Suarta.

Selain terkait lapor diri, Putu Suarta juga mengimbau agar pemudik yang kembali ke Klungkung tidak mengajak saudara ataupun teman. Apalagi jika saudara dan temannya tersebut belum memiliki pekerjaan dan tujuan yang pasti.

Baca juga :  Serangkaian HUT Ke - 818 Kota Bangli, Bupati Sedana Arta Buka Kontes Anjing Kintamani

Untuk meningkatkan pengawasan dan memastikan duktang tertib administrasi, Suarta memastikan Satpol PP Klungkung akan semakin aktif melakukan pengecekan ke kantong-kantong duktang. Ada beberapa lokasi yang ditarget, di antaranya semua wilayah kelurahan di Kecamatan Klungkung. Kemudian di Desa Pesinggahan, Kusamba, dan Kampung Kusamba di Kecamatan Dawan.

Berlanjut ke Desa Tegal Besar, Negari, serta Desa Banjarangkan di Kecamatan Banjarangkan. Selain itu, Pol PP juga akan mengecek kantong-kantong duktang yang ada di Kecamatan Nusa Penida. (119)

Baca juga :  Nusa Dharma Dibidik Jadi Pulau Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini