Dewan Minta Revitalisasi Kawasan Pantai Sanur Perhatikan Kualitas

picsart 22 05 10 17 26 27 609
RAKER - Suasana rapat kerja (Raker) antara Komisi III DPRD dengan Dinas PUPR, Dinas Pariwisata dan pihak rekanan yang akan menggarap proyek penataan Sanur tahap dua, Selasa (10/5/2022)

Dangri, DENPOST.id

Revitalisasi kawasan Pantai Sanur tahap dua akan segera dikerjakan. Mengingat, kini rekanan pemenang tender sudah melakukan penandatangan kontrak kerja. Pengerjaan tahap dua ini diharapkan tetap memperhatikan kualitas agar tidak terkesan asal-asalan. Terlebih biaya yang dikeluarkan untuk proyek penataan kawasan wisata ini cukup besar, yakni Rp24 miliar lebih.

Harapan ini mengemuka dalam rapat kerja antara Komisi III DPRD Denpasar, dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Pariwisata, pihak rekanan, pengawas dan konsultan perencana, Selasa (10/5/2022). Rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Denpasar, Wayan Mariyana Wandhira, didampingi Ketua Komisi III, Eko Supriadi, dihadiri Kadis PUPR AA Airawata, dan Kadis Pariwisata Dezire Mulyani.

Baca juga :  Penuhi Kebutuhan Darah, PMI Rajin "Jemput Bola"

Mariyana Wandhira dan Eko Supriadi menekankan agar ada penataan tahap kedua ini kualitasnya lebih baik lagi. Karena itu, di tahap dua ini Mariyana Wandhira menekankan perlunya pengawasan yang lebih intens agar rekanan benar-benar mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan gambar yang sudah disusun konsultan perencana.

Harapan senada juga disampaikan sejumlah Anggota Komisi III, seperti AA Susruta Ngurah Putra, Wayan Suwirya, serta IB Ketut Kiana. Pada prinsipnya meminta pelaksana benar-benar menggarap proyek ini sesuai gambar yang ada. Pihaknya tidak mau lagi kecolongan seperti pada pengerjaan tahap pertama dulu.

Bukan hanya itu, Susruta dan Suwirya juga meminta kepada OPD terkait agar pascaproyek ini benar-benar dilakukan perencanaan pemeliharaan. Karena selama ini banyak yang suka membangun, namun abai dalam merawat, sehingga banyak bangunan yang bernilai miliaran rupiah akan terbengkalai.

Baca juga :  Upacara Terencana Ditunda, Tajen Dipastikan Tidak Ada

Sementara Konsultan Perencana dari PT TARU, Ari Setya Wibawa mengungkapkan tahap dua ini panjang proyek sekitar 5,4 km, mulai dari Pantai Bali Beach (Mak Beng) hingga Pantai Mertasari. Lingkup pekerjaan, di antaranya bangunan toilet, penataan pintu-pintu masuk pantai, seating area dan plazza, pedestrian, shower, MEP dan lighting, serta landcape. Untuk shower akan ada di setiap 300 meter, serta lampu penerangan akan ada setiap 30 meter.

Sementara itu, rekanan pemenang tender yang akan menggarap penataan Pantai Sanur tahap dua ini, yakni PT Inti Jawa Teknik. Dalam kesempatan tersebut, Nyoman Widiatmika dari PT Inti Jawa Teknik mengatakan sudah melakukan pemetaan lapangan terhadap proyek yang akan digarapnya. Proyek ini akan dikerjakan dalam waktu 150 hari. Dalam memperlancar pengerjaan proyek, pihaknya sudah memiliki spot-spot untuk pintu masuk membawa material.

Baca juga :  Oknum Kepsek Lecehkan Siswi Ditahan Kejaksaan

Setidaknya ada tiga akses yang akan digunakan untuk memasukkan material proyek, di antaranya di Pantai Sindu, Pantai Karang, dan Pantai Mertasari. Pantai-pantai lainnya memiliki akses yang kecil, sehingga sulit untuk membawa material. Mereka juga telah membagi wilayah kerja menjadi tiga zona. (105)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini