Gubernur Koster Perjuangkan Mobil Toyota Innova untuk MDA Bali

kosterku
PEMBERIAN BANTUAN - Gubernur Bali Wayan Koster menyaksikan pemberian bantuan mobil Toyota Avanza dari PT BCA, Tbk., Cabang Denpasar kepada MDA Provinsi Bali, yang disaksikan Kepala Kantor Cabang Utama PT BCA, Tbk., Denpasar, Robertus Gozali, dan Bendesa Agung MDA Provinsi Bali Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet. (DenPost.id/ist)

Sumerta, DenPost.id

Gubernur Bali Wayan Koster menyaksikan pemberian corporate social responsibility/ CSR (tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar) berupa penyerahan bantuan mobil operasional Toyota Avanza dari PT Bank Central Asia (BCA), Tbk., Cabang Denpasar kepada Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali pada Selasa (10/5/2022) di Gedung Jaya Sabha, Denpasar.

Secara simbolis, mobil hitam itu diserahkan oleh Kepala Kantor Cabang Utama PT BCA, Tbk., Denpasar, Robertus Gozali, kepada Bendesa Agung MDA Provinsi Bali Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet, yang disaksikan Kepala Dinas Pemajuan Masyarakat Adat (PMA) Provinsi Bali I Gusti Agung Ketut Kartika Jaya Seputra, dan pejabat Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mobil keempat ini disalurkan ke pengurus MDA di tingkat kabupaten/kota. Selain unit mobil, Gubernur Koster juga siap menganggarkan perawatan dan biaya BBM dalam penggunaan mobil operasional tersebut.

 

Baca juga :  Kakek 72 Tahun Gantung Diri di Pabrik Es

Gubernur Koster nanti memperjuangkan satu mobil Toyota Innova untuk MDA Provinsi Bali. “Setelah selesai membangun Kantor MDA Provinsi Bali dan Kabupaten/Kota se-Bali, maka berikutnya menyiapkan sarana dan prasarana berupa mobil operasional. Tentu nanti dengan sopir dari tenaga kontrak hingga tambahan biaya operasional untuk perawatan mobil dan minyak,” tegasnya.

Fasilitas bantuan yang diperjuangkan Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini merupakan bagian dari komitmennya sebagai Gubernur Bali untuk memperkuat keberadaan desa adat di Bali yang memerlukan sarana dan prasarana dalam kaitan fungsi pembinaan. Hal itu rangka penerapan  Perda Provinsi Bali No.4 Tahun 2019 tentang desa adat di Bali.

Menurut Gubernur Koster, Kantor MDA Provinsi Bali dan Kantor MDA Kabupaten/Kota se-Bali semuanya selesai, dan terakhir yang akan diresmikan adalah Kantor MDA Kabupaten Klungkung pada 18 Mei mendatang.

Lembaga keuangan yang lain, tambah Gubernur Bali tamatan ITB ini, tidak lama lagi menyusul dan masih dalam proses, sehingga sembilan MDA Kabupaten/Kota se-Bali akan mendapat mobil Toyota Avanza, dan MDA Provinsi Bali mendapat mobil Toyota Kijang Innova.“Kalau sudah memberikan kontribusi yang tulus kepada desa adat di Bali, itu sakti Pak (Pimpinan Wilayah BCA Provinsi Bali), karena desa adat ada aspek niskala-nya yang sangat kuat. Jadi kalau berbakti dengan desa adat, itu tanpa diharap pahalanya besar,’’ jelas Gubernur Koster, sambil berdoa agar semua pelaku usaha di Bali tumbuh sehat, maju, serta memberi manfaat bagi internal usaha serta masyarakat di Bali.

Baca juga :  Tempuh Jalur Niskala, Ini Ritual untuk “Halau” Virus Corona

Dengan demikian hal ini merupakan bagian dari implementasi visi ‘’Nangun Sat Kerthi Loka Bali’’ melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru dengan menjaga keharmonisan segala unsur kehidupan.

Pemberian CSR sebagai bentuk tindakan nyata dalam menciptakan hubungan yang harmonis dengan alam, manusia, dan kebudayaan Bali, melalui keberadaan desa adat. Tentu ini akan dapat memberi manfaat besar bagi kemajuan desa adat, karena memang berfungsi dan bertugas luar biasa dalam menjaga adat istiadat, tradisi, seni-budaya dan kearifan lokal Bali. “Kalau ini sudah terjaga dengan baik, Bali akan eksis dan ekosistem ekonomi tumbuh dengan sendirinya. Kalau ekosistem ekonominya sehat, maka banknya akan sehat,” tegas orang nomor satu di Pemprov Bali ini.

Baca juga :  Jelang PKM di Denpasar, Desa-Kelurahan Perketat Wilayah

Menurut dia, bantuan CSR ini merupakan mobil yang keempat setelah pada 23 Desember 2021, Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Bali memberikan CSR berupa satu mobil untuk operasional MDA Kabupaten Buleleng. Berlanjut pada 5 April 2022, BPD Bali dan PT Pengadaian menyerahkan satu mobil masing-masing untuk operasional MDA Kabupaten Bangli dan Karangasem. (wir)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini