Antisipasi PMK, Dinas Pertanian Klungkung Larang Datangkan Ternak dari Luar Bali

picsart 22 05 12 20 06 03 728
PETERNAK SAPI - Kondisi peternak sapi di Kabupaten Klungkung.

Semarapura, DENPOST.id

Dinas Pertanian Klungkung, mulai melakukan antisipasi terkait merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang ribuan ternak di Jawa Timur. Salah satu antisipasi yang dilakukan dengan melarang warga mendatangkan ternak, seperti sapi, kambing, domba sampai babi dari luar Bali.

Bahkan warga atau peternak diminta waspada terkait penularan penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut.

“Walaupun di Klungkung belum ada dan mudah-mudahan tidak ada (ternak terjangkit PMK-red), kewaspadaan harus dilakukan oleh warga, khususnya peternak,” ungkap Kadis Pertanian Klungkung, IB Juanida, Kamis (12/5/2022).

Menurut Juanida, pihaknya di dinas telah melakukan sosialisasi ke masyarakat agar sementara tidak mendatangkan sapi, kambing, domba dan babi dari luar Bali. Bahkan secara formal pihaknya juga mengaku sudah menyampaikan surat imbauan ke kepala desa dan tembusan ke camat agar disampaikan ke warga untuk sementara tidak mendatangkan ternak berkaki empat dari luar Bali.

Baca juga :  PTM di Bangli Ditutup Hingga Batas Waktu yang Tak Ditentukan

“Kasusnya kan di Jawa Timur dan Aceh. Jadi, jangan sampai mendatangkan ternak dari luar Bali, dan membawa penyakit ini ke Bali atau ke Klungkung,” katanya. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini