Hari Palang Merah se-Dunia, PMI Bali Tebar Kebaikan

pmi
SERAHKAN PENGHARGAAN - Ketua Pengurus PMI Provinsi Bali I Gusti Bagus Alit Putra (No.4 dari kiri) usai menyerahkan penghargaan kepada pendonor darah sukarela (DDS) 50 kali pada hari jadi Palang Merah pada Kamis (12/5/2022) di Markas PMI Provinsi Bali. DenPost.id/ist

Denpasar, DenPost.id

Peringatan Hari Palang Merah se-Dunia setiap 8 Mei mengingatkan warga pada perjuangan Henry Dunant dalam menjaga martabat manusia pada pertempuran di Solferino, Italia. Peringatan Hari Palang Merah tahun 2022 mengambil tema “Be Human Kind – Believe in the power of kindness” sebagai ungkapan terima kasih dan dukungan untuk pihak yang melakukan kebaikan. Aksi-aksi kemanusiaan mereka di seluruh penjuru dunia untuk membantu masyarakat yang mengalami kesusahan, baik yang menjadi korban konflik maupun bencana.

Menindaklanjuti hal tersebut, PMI Provinsi Bali juga tak ketinggalan menyemarakkan hari jadi Palang Merah sebagai tonggak berdirinya gerakan Palang Merah. Rangkaian kegiatan dilaksanakan pada 12 Mei 2022 di Markas PMI Provinsi Bali. Kegiatan itu antara lain apel peringatan Hari Palang Merah se-Dunia, dimana Ketua PMI Provinsi Bali I Gusti Bagus Alit Putra berperan sebagai pembina apel. Dalam kegiatan ini juga diberikan penghargaan kepada pendonor darah sukarela (DDS) 50 kali. Penghargaan ini untuk memotivasi para pendonor agar terus bersama-sama membantu sesama melalui donor darah sukarela.

Baca juga :  Warung Kaget KPRK Sasar Bangli, Suastini Koster Salurkan Sembako

Dalam acara ini, juga dilaksanakan donor darah yang mengajak para peserta apel untuk bersama-sama membantu sesame. Secara paralel dilaksanakan sosialisasi penyakit tidak menular (PTM) oleh Ketua Bidang Kesehatan PMI Provinsi Bali Dr. dr. Anak Ayu Sri Wahyuni, Sp.K.J., dilanjutkan dengan pelayanan kesehatan berupa cek kadar gula darah, kolesterol serta asam urat. Kegiatan ini mengajak peserta apel serta masyarakat sekitarnya berpartisipasi untuk mendapat pelayanan kesehatan serta informasi mengenai penyakit tidak menular.

Sebagai puncaknya dilaksanakan dialog online (log-on) PMI Bali dengan tema “Napak Tilas Jejak Henry Dunant”. Hal ini sebagai peringatan Hari Palang Merah dan tonggak awal berdirinya organisasi Palang Merah di dunia. Henry Dunant adalah salah satu tokoh yang menginisiasi berdirinya organisasi Palang Merah di dunia. Makanya dia dikenal sebagai Bapak Palang Merah se-Duni. Kegiatan ini menghadirkan I Gst Ngurah Arya Bayu Permadi, S.Pd., dan Dr.I Gusti Ngurah Mayura, Sp.Pd., sebagai perwakilan relawan PMI Provinsi Bali yang pernah napak tilas di Solferino, Italia. Daerah itu merupakan lokasi pertempuran, di mana Henry Dunant berjibaku membantu dan mengobati para korban perang.

Baca juga :  Wagub Apresiasi Vaksinasi Ratusan Anggota ALFI

Sedangkan Ketua Pengurus PMI Provinsi Bali I Gusti Bagus Alit Putra menyampaikan bahwa PMI mengajak siapa pun untuk terus menebar kebaikan ke sesama dimana pun, untuk siapa saja yang membutuhkan tanpa memandang agama, suku atau ideologi politik. “Peringatan Hari Palang Merah se-Dunia menjadi momentum untuk terus menggelorakan semangat dan nilai-nilai kepalangmerahan dalam tugas-tugas kemanusiaan,” tegas mantan Bupati Badung dan Wagub Bali ini.

Baca juga :  RSK "Serbu" Kantor Grab

Untuk diketahui organisasi Palang Merah di seluruh dunia terus bekerja secara berkelanjutan membantu umat manusia a dengan tetap berpegang teguh pada tujuh prinsip dasar gerakan yang menjadi dasar setiap kegiatan maupun keputusan organisasi. Ketujuh itu yakni kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan. Perhimpunan Nasional Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai bagian dari organisasi Palang Merah di Indonesia telah memiliki jaringan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan. (yad)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini