Waspadai PMK, TNI/Polri Kunjungi Kelompok Ternak Sapi

picsart 22 05 14 16 13 46 977
PMK - Personel TNI dan Polri saat sosialisasi pencegahan penyakit mulut dan kuku di kelompok ternak sapi Somantri 031 Subak Tegal, Desa Blahbatuh, Gianyar, Sabtu (14/5/2022).

Gianyar, DENPOST.id

Mewaspadai menyebarnya penyakit mulut dan kuku hewan ternak, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Blahbatuh mendatangi Simantri 031 di Subak Tegal, Desa Blahbatuh,Gianyar, Sabtu (14/5/2022).
Dalam kunjungan tersebut, Bhabinkantibmas, Aiptu I Gusti Putu Arya Bawa dan Babinsa Serda I Ketut Darmayada diterima Ketua Simantri, I Wayan Sadia dan beberapa peternak sapi setempat.

Kepada para peternak, petugas memberikan edukasi terkait penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) atau “foot and mouth desease” (FMD) yang merupakan penyakit hewan yang bersifat akut. Di mana PMK dikenal menyerang hewan berkuku genap termasuk sapi, kerbau, kambing dan domba.

Baca juga :  Operasi Penyekatan di Gianyar Dilakukan Hingga Larut Malam

Kapolsek Blahbatuh, Kompol I Ketut Suharto Giri, meminta personelnya secara terus mengimbau peternak untuk selalu waspada terhadap kemungkinan penyebaran penyakit menular tersebut.
“Para peternak agar selalu memantau kesehatan hewan ternaknya serta menjaga kebersihan kandang serta memisahkan/mengkarantina ternak baru sebelum digabungkan dengan ternak lain,” saran Suharto.

Sementara Ketua Simantri, I Wayan Sadia menyatakan mengapresiasi perhatian pihak TNI-Polri terhadap para peternak. “Saya akan meneruskan imbauan ini kepada petani/peternak lainnya. Terima kasih atas imbauan yang diberikan oleh aparat TNI-Polri,” katanya.

Baca juga :  Jelang Perayaan Nyepi, Polres Gelar Rapat Koordinasi

Sebagai informasi, penyakit mulut dan kuku disebabkan oleh virus tipe A dari famili Picornaviridae dengan genus Apthovirus.
Gejala yang terlihat dari hewan yang tertular penyakit mulut dan kuku antara lain demam tinggi, hipersalivasi, lepuh pada lidah dan mulut, pincang, dan diakhiri dengan lepasnya kuku yang menyebabkan hewan susah berdiri. (116)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini