Kapolda Cari Wanita Estonia yang Tuduh Polisi Bali Korup 

kapoldaku1
Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra

Kereneng, DenPost

Aparat Subdit V Ditreskrimsus Polda Bali menyelidiki viralnya video seorang wanita asal Estonia yang menuduh polisi di Bali korup dan menghabiskan uang turis. Namun pembuat video, Valeria Vasilieva, yang Miss Global Estonia tahun 2022 itu telah kembali ke negaranya.

Kendati di pembuat dan pengunggah video sudah kembali ke negaranya, Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra mengaku bahwa anggotanya tetap mencari bule Estonia tersebut. “Kami cari. Dia kan menyampaikan melalui media sosial (medsos). Jadi kami mencarinya juga menggunakan teknologi,” tegasnya.

Putu Jayan Danu Putra menambahkan setelah Polda Bali berkoordinasi dengan pihak Imigrasi, Valeria ternyata memang telah meninggalkan Bali. “Pada prinsipnya, WNA yang melakukan pelanggaran, maka akan dikenai tindak pidana dan administrasi seperti deportasi serta melarang datang lagi ke Bali. Namun saat ini, dia masih kami cari,” bebernya.

Sedangkan Kasubdit V Ditreskrimsus Polda Bali AKBP Nanang Prihasmoko saat dimintai konfirmasi mengatakan bahwa pihaknya belum bisa melakukan klarifikasi karena WNA si pembuat video sudah pulang ke negaranya. “Saat ini belum bisa dilakukan klarifikasi dengan pembuat video karena dia tidak di Indonesia,” tegasnya, Senin (23/5/2022).

Baca juga :  Kawal PPKM Mikro, Pangdam IX/Udayana Kerahkan Pasukan di Desa

Sebelumnya DenPost memberitakan, Kakanwil Kemenkumham Bali menanggapi video seorang wanita asal Estonia yang menuduh polisi di Bali korup dan menghabiskan uang turis. Valeria menggunggah video di akun medsosnya hingga menjadi perbincangan warganet.

Kakanwil Kemenkumham Bali Anggiat Napitupulu didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Doni Alfisyahrin mengatakan video WNA yang berisi pesan mengenai tunduhannya terhadap polis di Bali kurang bisa dibuktikan kebenarannya. “Tidak ditunjukkan lokasi atau nama polisi yang dia sebut korupsi itu,” bebernya.

Baca juga :  Ribuan Pengendara Berpeluang Dapat Masker Gratis dari Polantas

Dilanjutkannya, Valeria Vasilieva adalah warga Estonia yang menyandang Miss Global Estonia tahun 2022. “Dia meninggalkan wilayah Indonesia melalui Bali pada 17 Mei 2022 dengan menggunakan maskapai Qatar Airways rute Denpasar-Doha,” beber Anggiat.

Dari sisi keimigrasian, Valeria diketahui datang pertama kali ke Bali pada 25 April 2022 dengan menggunakan visa kunjungan. Pihak Imigrasi tidak dapat melakukan penangkalan karena tidak bertemu langsung dengan Valeria ketika video yang diunggahnya viral di medsos.  “Pengenaan daftar blacklist kepada yang bersangkutan tidak bisa dikenakan serta-merta. Harus melalui permohonan atau pengajuan dari aparatur hukum terkait yang selanjutnya ditindaklanjuti. Jika langsung melalui pihak Imigrasi, kami harus melewati beberapa proses dan harus bertemu secara langsung dengan yang bersangkutan (Valeria) untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tandas Anggiat saat itu. (yan)

Baca juga :  Ratusan Warga Desa Adat Padang Bai Lakukan Unjuk Rasa, Ini Tuntutannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini