Cegah PMK, Tim Gabungan Kembali Cek Kandang Ternak

picsart 22 05 24 17 33 21 662
CEGAH PMK - Pengawasan, pemantauan dan pemeriksaan kesehatan hewan kembali dilaksanakan tim gabungan untuk mencegah PMK.

Negara, DENPOST.id

Kegiatan pengawasan, pemantauan dan pemeriksaan kesehatan hewan kembali dilaksanakan tim gabungan.
Pengawasan dilaksanakan, Selasa (24/5/2022), di UD Fajar dan UD Sentana, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana. Kegiatan dihadiri Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna; Kapolres Jembrana yang diwakili Kapolsek Negara, Kompol I Gusti Made Sudarma Putra bersama Forkopimda.

Pengawasan dan pemantauan dilaksanakan dalam rangka antisipasi penyakit hewan menular, yakni penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak.
Saat melakukan pengecekan di lokasi, Wabup Ipat yang didampingi Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana, Wayan Sutama membahas terkait pencegahan terhadap wabah PMK pada ternak hewan kambing.

Baca juga :  Pasien Sembuh Covid-19 di Denpasar Bertambah 95 Orang, Kasus Positif Bertambah 97 Orang

Di mana, pendistribusian ternak hewan kambing hanya untuk konsumsi lokal. Peternak kambing di Jembrana, perlu dibuatkan pasar hewan untuk mengakomodir jual beli ternak di samping retribusi pendapatan asli daerah.

Dalam kegiatan tersebut juga telah dilakukan pemeriksaan klinis terhadap kesehatan hewan kambing oleh dokter hewan didampingi petugas Keswan Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, guna memastikan keadaan hewan kambing dalam keadaan sehat.

Baca juga :  Vaksinasi Covid-19 di Pengambengan Dikebut

Dari hasil pemeriksaan kambing dinyatakan sehat dan dilanjutkan dengan penyemprotan dengan desinfektan untuk hewan kambing guna membunuh kuman.

“Jika ada, pertama salah satu penanggulangannya dengan karantina. Namun, sebelum itu terjadi kita akan berkoordinasi dengan provinsi agar bisa menyediakan vaksin untuk hewan ini karena kendala utama kasus PMK ini adalah kurangnya ketersediaan vaksin yang memadai,” kata Patriana Krisna. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini