Tahun Ini, Ruas Jalan Poh Santen-Pangkung Jangu Diperbaiki

picsart 22 05 25 20 49 39 775
SOSIALISASI - Bupati I Nengah Tamba melakukan sosialisasi perbaikan Jalan Poh Santen - Pangkung Jangu, di Kantor Desa Pohsanten, Rabu (25/5/2022).

Negara, DENPOST.id

Meningkatkan infrastruktur jalan salah satu fokus perhatian Bupati Jembrana, I Nengah Tamba. Bupati menyampaikan ruas jalan kabupaten yang dalam kondisi rusak diperbaiki tahun ini. Salah satunya ruas Jalan Poh Santen – Pangkung Jangu, Kecamatan Mendoyo.

Perbaikan jalan sepanjang 4,6 kilometer menggunakan dana Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat dengan nilai anggaran Rp 6.969.000.000.
Bupati Tamba di hadapan warga sudah melakukan sosialisasi perbaikan jalan, di Kantor Desa Pohsanten, Rabu (25/5/2022).

Dikatakan Tamba, untuk perbaikan jalan/hotmix tahun ini, sudah dianggarkan dengan adanya peningkatan anggaran dari pemerintah pusat .
Selain itu, sejumlah usulan perbaikan jalan di tahun 2023 telah diajukan melalui usulan DAK kepada pemerintah pusat diharapkan mampu meng-cover seluruh jalan milik kabupaten yang rusak untuk diperbaiki.
” Kita juga sudah mengusulkan anggaran sebesar Rp 300 miliar kepada pemerintah pusat untuk penanganan dan perbaikan jalan di Kabupaten Jembrana. Anggaran itu untuk memperbaiki jalan-jalan kabupaten milik Jembrana. Jadi mohon doa restu, tahun depan ini sudah bisa berjalan,” ujarnya.

Mengingat besarnya anggaran untuk perbaikan jalan, Bupati asal Kaliakah ini minta kepada warga yang wilayahnya mendapat perbaikan jalan mampu menjaga dengan baik. Termasuk kepada pemenang tender pihaknya mengingatkan agar dapat memaksimalkan pekerjaannya. “Tolong nanti jalan ini agar dipelihara dengan baik. Tak terkecuali kebersihan daripada saluran air di sepanjang jalan, karena kalau aspal tergenang air akan rentan berlubang. Saya minta juga kepada pemenang tender agar melakukan pekerjaannya dengan maksimal sehingga hasilnya juga maksimal,” imbuhnya.

Baca juga :  Dua Warga Pangkung Dedari Digigit Anjing Rabies

Selain infrastruktur jalan, Tamba juga menyebut penanganan abrasi juga menjadi fokus kerjanya. Tahun ini, sudah dilaksanakan penanganan abrasi dengan nilai Rp 40 miliar. Penanganan abrasi yang menjadi kewenangan pemerintah pusat dilaksanakan secara bertahap.
“Tahun ini, kita tangani abrasi pantai di Gilimanuk, Candikusuma dan Delodberawah dulu dengan anggaran sebesar Rp 40 miliar. Berikutnya kita selesaikan titik titik abrasi yang lain,” papar Tamba.

Baca juga :  Kampanye Prokes di Gilimanuk, Polisi Libatkan Pecalang

Sementara untuk penanganan abrasi berikutnya telah diusulkan pula sejumlah titik di Jembrana. Total nilai usulan mencapai 375 miliar, diharapkan menjadi solusi permasalahan abrasi yang menerjang beberapa wilayah di Kabupaten Jembrana.
Wilayah pantai yang diusulkan untuk penanganan abrasi tahun depan meliputi Perancak, Pengambengan, Rambut Siwi dan Pebuahan Desa Banyubiru.

Sedangkan perbaikan jalan Poh Santen – Pangkung Jangu Kecamatan Mendoyo tahun ini, dijelaskan Kadis PUPRPKP Jembrana, I Wayan Sudiarta, akan menggunakan hotmix. Untuk bahu jalannya akan menggunakan beton sepanjang 4,6 kilometer dengan lebar 3,50 meter.
” Menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan nilai anggaran Rp 6.969.000.000. Dikerjakan dalam 150 hari mulai 18 Mei 2022,” pungkasnya. (120)

Baca juga :  Ekonomi Tumbuh 7,07%, Himbara Semakin Optimistis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini