Lima DTW Jadi Lokasi Karyawisata Delegasi GPDRR

picsart 22 05 27 17 01 42 065
KARYAWISATA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno saat menjelaskan karyawisata dan DTW yang akan dikunjungi delegasi GPDRR. DENPOST.id/ist

Nusa Dua, DENPOST.id

Lima lokasi akan menjadi tempat karyawisata (field trip) delegasi yang akan dilakukan Sabtu (28/5/2022). Kelima lokasi teraebut yakni Desa Penglipuran, Pura Besakih, Garuda Wisnu Kencana, Uluwatu dan Tanjung Benoa.

Hal itu diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, di Media Center GPDRR, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kamis (26/5/2022).
Sandiaga Uno juga mengatakan kalau Indonesia siap unjuk gigi terkait pariwisata berkelanjutan dan berbasis lingkungan dengan beragam kearifan lokal dalam program field trip bagi delegasi Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7.
“Kita akan membawa para delegasi ke lima lokasi field trip, di mana kita akan memperlihatkan kearifan lokal dengan kekayaan budaya dan adat setempat yang mampu membangun ketangguhan bencana secara berkelanjutan,” ungkap Sandi.

Baca juga :  Pura-pura Tawarkan Makanan, Ibu Rumah Tangga Mencuri

Proses pemilihan lokasi karyawisata ini, kata dia, telah melalui beragam pertimbangan dan pembahasan langsung bersama pihak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf).
“Kami telah memilih lokasi field trip sesuai input dan feedback yang didapatkan, terlebih kami ingin memperkenalkan pariwisata berbasis komunitas dan berkelanjutan yang diinginkan dunia,” paparnya.

Dia berharap pariwisata ke depannya dapat terus berkembang dalam pelestarian alam, dan hal inilah yang menunjukan ketangguhan Indonesia.
Dalam kesempatan tersebut, Sandi juga menjelaskan bahwa pada saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, sektor pariwisata dan ekraf telah kehilangan sekitar 1 juta lapangan kerja.
“Melalui berbagai perubahan kebijakan dalam penerapan protokol kesehatan, saat ini industri pariwisata dan ekraf telah bangkit kembali dengan membuka 1,1 juta lapangan kerja. Presiden RI juga mengingatkan kita harus lebih peka dan penuh empati karena keadaan ekonomi terlebih bagi kelas menengah ke bawah saat ini dalam kondisi yang tidak baik,” tandasnya. (113)

Baca juga :  Kesadaran Prokes Warga Meningkat, Pelanggaran Usaha Masih Tinggi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini