Bengkel Sastra Musikalisasi Puisi Digelar di Jembrana

picsart 22 05 29 12 34 10 541
MUSIKALISASI PUISI - Bengkel Sastra Musikalisasi Puisi untuk siswa dan guru SMA, SMK dan MA, digelar di Kabupaten Jembrana.

Negara, DENPOST.id

Balai Bahasa Provinsi Bali, menyelenggarakan pembinaan berupa Bengkel Sastra Musikalisasi Puisi untuk siswa dan guru SMA, SMK dan MA di Kabupaten Jembrana.
Kegiatan ini menyongsong lomba Musikalisasi Puisi Balai Bahasa Provinsi Bali tahun 2022, yang merupakan kegiatan tahunan.

Workshop dilaksanakan selama tiga hari, 27 sampai 29 Mei 2022, di Rumah Komunitas Kertas Budaya, Negara, dipandu tiga narasumber antara lain Tan Lioe Ie, IB Martinaya, dan Nanoq da Kansas. Kegiatan ini diikuti 40 orang dari delapan sekolah yang diundang terdiri dari SMAN 1 Negara, SMAN 2 Negara, SMKN 1 Negara, SMKN 2 Negara, SMKN 3 Negara, MAN 1 Jembrana dan MAN 2 Jembrana.

Baca juga :  Lewat "Main Bola Yuk", Dukung Bali "Host" PD U-20

Workshop diutamakan dan ditekankan pada praktikum para siswa dan guru untuk memahami dan mengerjakan musikalasasi puisi. Para narasumber turun langsung mengajak peserta memilih puisi, lalu memusikalisasi dengan mengoptimalkan SDM dan berbagai benda di sekitar untuk dijadikan alat musik selain gitar yang dibawa peserta.

Salah seorang narasumber, Tan Lioe Ie mengapresiasi kemampuan para peserta yang dengan cepat mampu memahami sekaligus mempraktekkan arahan yang diberikan.

Baca juga :  Bahas Sampah Medis di Gilimanuk, Pengelola "Rapid Test" Dikumpulkan

Demikian juga IB Martinaya yang akrab disapa Gus Martin, mengatakan di hari kedua saja siswa dan guru sudah mampu melahirkan karya musikalisasi puisi yang konsep dan bentuk musikalnya sudah jadi.

Nanoq da Kansas di hari terakhir workshop mengajak para peserta untuk mendengarkan dan menonton video pementasan musikalisasi puisi beberapa grup musikalisasi dengan model karya yang beragam.

Bengkel Sastra Musikalisasi Puisi ini ditutup dengan memberi kesempatan kepada para peserta yang sebelumnya sudah dibagi menjadi lima kelompok untuk pentas menampilkan karya yang mereka buat selama workshop di panggung halaman Komunitas Kertas Budaya.
(120)

Baca juga :  Bertambah, Pasien Covid-19 Meninggal di Jembrana

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini