Aman, Stok Babi Potong di Gianyar

picsart 22 06 03 19 14 19 555
STOK AMAN - Stok babi potong di Kabupaten Gianyar, masih aman menjelang hari raya Galungan dan Kuningan.

Gianyar, DENPOST.id

Harga babi potong di Kabupaten Gianyar, saat ini mencapai kisaran Rp39 ribu hingga Rp40 ribu/kg. Terhadap kondisi ini,
Pemkab Gianyar diminta membantu peternak mendongkrak harga jual babi untuk meningkatkan kesejahteraan peternak dalam perayaan hari raya Galungan dan Kuningan.

Sementara stok babi potong menjelang Galungan dan Kuningan di Kabupaten Gianyar masih aman. Hal ini, disampaikan Ketua Gabungan Usaha Peternak Babi Indonesia (GUPBI) Provinsi Bali, Ketut Hari Suyasa, Jumat (3/6/2022).

Baca juga :  Puluhan Duktang Ikuti Vaksinasi di Mapolres Klungkung

Hari Suyasa mengatakan harga pokok produksi (HPP) babi potong di peternak rakyat kisaran Rp40 ribu/kg. Kondisi harga yang saat ini di bawah HPP ini, tidak baik karena tidak bisa merangsang peternak untuk meningkatkan produksinya.

Dikatakan dia, GUPBI berharap Pemkab Gianyar bisa ikut campur tangan membuat kesepakatan harga dalam tingkat desa melibatkan peternak dan tukang potong. Melalui kesepakatan ini bisa mendorong pasar membeli pasokan babi peternak dengan harga di atas HPP.

Baca juga :  Sopir Ngantuk, Mobil Angkut Sepeda Gayung Nyungsep di Ceking

“Dalam tradisi mepatung, paling tidak pemerintah dari masing-masing instansi wajib membeli babi peternak dengan harga di atas HPP, sehingga merangsang peternak untuk terus beternak babi,” harap Suyasa.

Sementara Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Gianyar, I Made Raka, didampingi Kabid Keswan Kesmavet Made Santiarka menyampaikan populasi babi di Kabupaten Gianyar mencapai 87.248 ekor, serta babi siap potong mencapai 10.774 ekor. (116)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini