Charlie Wijaya Akui Bukan Pelapor Korban Robot Trading EA Copet

charlie wijaya

Denpasar, DenPost.id

Pegiat media sosial (medsos), Charlie Wijaya, mengaku bahwa dia bukanlah sebagai kuasa hukum para pelapor kasus dugaan penipuan investasi bodong robot trading, EA Copet, ke Bareskrim Polri, Jakarta, pada 16 Maret 2022. Dalam surat hak jawab yang diterima DenPost.id pada 2 Juni 2022 untuk menanggapi berita berjudul ‘’Dituduh Pemilik EA Copet, Hendrik Minta Pertanggungjawaban Media,’’ yang dimuat DenPost.id pada 17 Maret 2022, Charlie Wijaya juga menyatakan bahwa dia hanyalah pendamping para korban EA Copet.  “Bahwa saya tidak pernah menjadi pelapor, hanya sebagai aktivis media sosial dan tidak ada mencemarkan nama baik siapa pun,” ujar Charlie Wijaya, pada poin nomor 2 suratnya bernomor 15/SHJ/HJ/2022 perihal hak jawab terhadap DenPost.id pada 2 Juni 2022.

Baca juga :  BRI Catat Rekor Kapitalisasi Pasar Terbesar Sepanjang Sejarah

Pegiat medsos ini menilai pemberitaan itu tidak berimbang, tidak akurat, dan tidak uji informasi. Dia menilai berita itu dapat mengarah pada pencemaran nama baiknya dan mengarah pada berita bohong. Mengenai keberatan Charlie Wijaya ini, Dewan Pers menilai berita itu melanggar Pasal 1 dan Pasal 3 Kode Etik Jurnalistik karena tidak independen, tidak akurat, tidak berimbang, dan tidak uji informasi. Dewan Pers pun menilai berita itu tak sesuai dengan butir 2 huruf a dan b Peraturan Dewan Pers Nomor 1/Peraturan-DP/III/2012 tentang pedoman pemberitaan media siber mengenai verifikasi dan keberimbangan berita, bahwa setiap berita harus melalui verifikasi, serta berita yang merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan. Pun dalam penyelesaian pengaduan di Dewan Pers pada 31 Mei 2022 berpa Risalah Penyelesaian Nomor 27/Risalah-DP/VI/2022 pada 2 Juni 2022, Charlie Wijaya kepada Dewan Pers juga menyebut bahwa dia bukanlah kuasa hukum/ pengacara member (anggota) robot trading EA Copet. (red)

Baca juga :  ‘’Serbuan Vaksinasi’’ di RS TNI AU Sam Ratulangi Ramah bagi Opa-Oma

Redaksi DenPost.id mohon maaf kepada Charlie Wijaya dan para pembaca atas kekeliruan ini karena tidak melakukan konfirmasi atau uji informasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini