Jelang Galungan, Petugas Cek Daging Babi

picsart 22 06 06 14 50 32 738
CEK DAGING - Petugas dari Dinas Pertanian dan Pangan Bidang Kesehatan Hewan dan Kesmavet Kabupaten Jembrana, Senin (6/6/2022) mengecek daging babi potong.

Negara, DENPOST.id

Petugas dari Dinas Pertanian dan Pangan Bidang Kesehatan Hewan dan Kesmavet Kabupaten Jembrana, Senin (6/6/2022) melakukan pemeriksaan daging babi potong.
Apalagi menjelang penampahan Galungan yang jatuh pada Selasa (7/6/2022), permintaan daging babi mulai meningkat.

Pemeriksaan dilaksanakan di tempat pemotongan babi di Jembrana.
Pemeriksaan ini untuk memastikan daging babi aman dikonsumsi. Apalagi saat ini tengah merebak isu penyakit mulut dan kuku (PMK).
Pemeriksaan dilakukan pada bagian tubuh babi serta organ dalam babi yang sudah dipotong guna memastikan tidak ada tanda babi mengidap penyakit berbahaya.

Baca juga :  Arus Mudik Idul Adha Mulai Meningkat

Ada 33 tempat pemotongan babi di Jembrana yang disasar petugas. Tempat pemotongan tersebut selama ini memasok daging babi di semua pasar di Jembrana.

Selain tempat pemotongan babi, pemeriksaan babi ini juga dilakukan di kelompok masyarakat di desa-desa yang melakukan tradisi mepatung.
Kabid Keswan dan Kesmavet Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, I Wayan Widarsa, mengatakan, hingga saat ini tidak ditemukan babi yang mengidap penyakit atau tidak layak untuk dikonsumsi.

Baca juga :  Jadi Sorotan, Gerombolan Kambing Makan Ini

“Kami dari bidang keswan mulai hari ini melaksanakan pemeriksaan antemortem dan postmortem terhadap babi yang akan dijual ke pasar menjelang hari raya Galungan dan Kuningan,” jelasnya.

Pemeriksaan mulai dilaksanakan Minggu (5/6/2022) untuk antemortem, terus dilanjutkan pada Selasa (7/6/2022) dengan pemeriksaan postmortem. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini