Beraksi di Belasan TKP, Unyil Diringkus

picsart 22 06 06 15 02 54 085
DIAMANKAN - Tersangka Putu Edy Kurniawan alias Unyil saat diamankan di Mapolres Bangli.

Bangli, DENPOST.id

Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Bangli mengamankan pelaku tindak pidana pencurian lintas kabupaten, bernama Putu Edy Kurniawan alias Unyil (36). Tercatat ada belasan TKP di Bangli yang disasar pria asal Banjar Asem, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng ini. Selain di Bangli, Unyil juga beraksi di kabupaten lain seperti Gianyar, Klungkung, Denpasar dan Tabanan.

Kasatreskrim Polres Bangli, AKP Androyuan Elim, Senin (6/6/2022) menerangkan, Unyil diamankan di seputaran Jalan Sedap Malam, Denpasar pada Sabtu (4/6/2022) sekitar pukul 12.00 Wita. Penangkapan pria lajang ini berawal laporan dari korban I Dewa Gede Patra (60), yang kehilangan HP miliknya pada Jumat (1/4/2022) sekitar pukul 13.00 wita. “Saat itu korban meninggalkan HP yang sedang dicarger di atas meja di warung milikinya. Ditinggal ke belakang sebentar, begitu balik HP-nya sudah tidak ada,” ucap Elim didampingi Kasi Humas Polres Bangli Iptu I Wayan Sarta.

Baca juga :  Balap Liar Kian Meresahkan, Satlantas Polres Bangli Bentuk Tim

Setelah melakukan penyelidikan, terendus pelaku berada di kawasan Jimbaran, Kuta Selatan, Badung. “Dia kos di Jimbaran,” sebutnya. Setelah diintai selama tiga hari, akhirnya Unyil berhasil diringkus di seputaran Jalan Sedap Malam, Denpasar Timur.

Dari pengembangan dan interogasi, diketahui ada 18 TKP lainnya sebagai tempat tersangka melakukan aksi pencurian. Kebanyakan merupakan warung atau toko sembako. Rinciannya di wilayah Kecamatan Bangli ada 8 TKP namun baru dilaporkan 4. Kemudian di Kecamatan Susut ada 7 TKP dan yang baru dilaporkan hanya 2 TKP, serta di Kecamatan Tembuku dan Kintamani masing-masing 2 TKP. “Yang Kintamani dan Tembuku belum ada dilaporkan oleh korban,” kata Elim.

Baca juga :  Kebakaran Hutan di Bukit Payang Capai 20 Hektar

Dalam aksinya, ersangka lebih banyak mencuri tabung gas ukuran 3 kg yang kosong. Sedikitnya ada 25 tabung gas dicurinya di 6 lokasi berbeda di wilayah Bangli. Modusnya, tersangka pura-pura berbelanja, setelah melihat warung sepi, atau penjual lengah, langsung mengambil barang kemudian kabur.
Hingga kini polisi masih melakukan pengembangan, sebab saat penggeledahan di tas milik korban ditemukan sejumlah identitas orang lain baik SIM maupun KTP. “Apakah ada aksi lain entah curanmor atau lainnya, kami masih kembangkan,” katanya.

Baca juga :  RSJ Buka Konsultasi Hotline bagi Masyarakat yang Depresi Pascacorona

Sementara itu, saat ditanya wartawan, tersangka mengaku pertama kali beraksi tahun 2018 di wilayah hukum Polsek Tegalalang. Pria pengagguran ini saat itu mengambil sepeda gayung. “Saat itu dihukum empat bulan setengah,” akunya. Setelah bebas, pria bertato ini kembali berulah dengan mengambil sesari di sebuah pura di kawasan Gelgel, Klungkung.
Selama beraksi, Unyil mengaku sendiri. Hasil curian dipakai untuk kebutuhan sehari-hari dan untuk foya-foya di kafe.(128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini