Di Desa Julah, Sengketa Tanah Berujung Pembakaran Rumah

picsart 22 06 09 19 06 50 154
ATENSI - Aparat saat mengatensi pembakaran rumah di Desa Julah, Kecamatan Tejakula, Kamis (9/6/2022)

Singaraja, DENPOST.id

Rumah Sah Rudin (26) di Dusun Batu Gambir, Desa Julah, Kecamatan Tejakula, ludes dibakar massa pada, Kamis (9/6/2022) sekitar pukul 08.00 Wita. Lahan ini statusnya masih sengketa antara Desa Adat Julah, dengan pihak yang mengklaim lahan itu miliknya.

Awalnya, masyarakat Desa Adat Julah sekitar 150 orang akan mengadakan giat gotong royong bersih-bersih di lokasi itu, yang dipimpin Kelian Adat Julah, Ketut Sidemen, S.pd. “Sesampai di lokasi, warga melakukan persembahyangan dan setelah persembahyangan selesai kelian adat membacakan beberapa silsilah tanah yg disengketakan dan hasil putusan PTUN yang diajukan oleh pihak penggugat,” ungkap Kasi Humas Polres Buleleng, AKP Gede Sumarjaya, SH.

Baca juga :  HUT Ke-11 Kota Mangupura di Tengah Pandemi, Ini Pesan Lihadnyana

Beberapa saat ketika arahan masih berlangsung, ada pertanyaan-pertanyaan dari warga dan saat itu pula terdengar suara benturan batu, seperti pelemparan mengarah ke rumah penggarap tanah sengketa tersebut. “Beberapa massa lainya terpancing dan ikut melakukan pelemparan, serta melakukan pembakaran dan situasi sudah tidak terkendali, ” imbuhnya.

Lanjut korban melaporkan kasus itu, ke Mapolsek Tejakula.

Kapolsek Tejakula, AKP IB Astawa langsung meminta bantuan pemadam kebakaran untuk memadamkan api, serta menghubungi PLN untuk memutus aliran listrik di rumah warga yang terbakar. “Penyidik masih meminta keterangan beberapa saksi dan kasus ini masih dalam proses penyelidikan Polsek Tejakula,” tandasnya. (118)

Baca juga :  BRI Wujudkan “Indonesia The Land Of Majesty” pada Dubai Expo 2021

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini