Di Badung, Sepeda Motor Knalpot Brong Target Operasi Patuh Agung

motor
CEK KENDARAAN - Kapolres Badung AKBP Dedy Leo Defretes mengecek kendaraan patroli anggotanya setelah apel Operasi Patuh Agung di Terminal Mengwi, Senin (13/6/2022). (DenPost.id/wiadnyana)

Mangupura, DenPost

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Badung mengincar para pengguna sepeda motor bersuara bising alias knalpot brong lantaran meresahkan pengguna jalan maupun masyarakat. Tak hanya itu, polisi memburu para pelaku balapan liar dan pelanggar aturan berlalu-lintas.

Kapolres Badung AKBP Dedy Leo Defretes, Senin (13/6/2022), mengatakan para pengendara motor (pemotor) bersuara bising bakal ditindak tegas dan ditilang. “Penindakan ini diintensifkan dalam Operasi Patuh Agung 2022 yang digelar selama 14 hari mulai 13 sampai 26 Juni nanti,” bebernya.

Baca juga :  Hindari Kerumunan di Banjar, Diskominfo Matikan 500 Titik Wifi Gratis

Dedy minta masyarakat atau pengguna lalu lintas agar menjaga ketertiban di jalan. Salah satunya tidak menggunakan knalpot brong. “Dalam Operasi Patuh Agung ini, kami mengedepankan penindakan secara preventif dan preemtif, serta sosialisasi ke masyarakat tentang kepatuhan dalam berlalu-lintas,” tegasnya.

Menurut Kapolres, kendaraan bersuara bising dapat mengganggu dan meresahkan masyarakat atau pengguna jalan lain. “Penggunaan knalpot racing melanggar Pasal 285 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan,” ungkapnya.

Baca juga :  Tamara Bleszynski Bantu Polisi Bagikan Sembako ke Masyarakat Terdampak Covid-19

Selain itu, sasaran Operasi Patuh Agung yakni menindak pemotor yang mabuk akibat alkohol, pelanggar marka jalan, serta sepeda motor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson maupun pengukur kecepatan. “Kami juga akan menyasar turis asing yang kerap melanggar aturan lalu lintas. Kami akan memasang spanduk dan menempatkan petugas di lokasi pariwisata seperti di Kuta Utara dan Mengwi,” tandas Dedy. (yan)

Baca juga :  Diduga Terlibat Penipuan CPNS, Oknum Polisi Dipolisikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini