Sarat Sejarah, Bli Braya Sebut Peran Pura Desa Adat Buleleng Sangat Penting

picsart 22 06 15 14 51 56 718
NGAYAH - Sukawati Lanang Perbawa alias Bli Braya ngayah ring piodalan agung di Pura Desa Desa Adat Buleleng, Minggu (12/6/2022).

Singaraja, DENPOST.id

Sukawati Lanang Perbawa alias Bli Braya ngayah menarikan Topeng Sidakarya saat piodalan agung di Pura Desa Adat Buleleng, Minggu (12/6/2022). Menurut Braya, Pura Desa Adat Buleleng merupakan peninggalan sejarah zaman Ida Betara Panji Sakti yang mendirikan Kerajaan Buleleng. Pada masa kepemimpinan Ida Betara Panji Sakti, lanjut Braya, Pura Desa atau Bale Agung ini memiliki peran penting. “Biasanya Pura Desa ini dijadikan tempat paruman dan mengambil keputusan-keputusan yang strategis yang diabih oleh pasukan Tri Datu atau pasukan 40 (petang dasa),” terangnya.

Baca juga :  Tabrak Pohon, Dua Warga Bondalem Tewas

Sebagai orang Buleleng, Braya mengaku beruntung bisa ngayah di pura tersebut. Karenanya dia menyampaikan terima kasih karena diberikan kesempatan ngayah di tempat bersejarah tersebut. “Ngayah ini sebagai wujud bakti kepada Ida Betara sami pengajeg Buleleng, Betara Panji Sakti dan Bung Karno serta leluhurnya. Saya juga siap ngayah di mana saja,” katanya.

Sementara itu, Kelian Desa Adat Buleleng, Jro Nyoman Sutrisna, Rabu (15/6/2022) memgatakan, masyarakat Buleleng harus melestarikan apa yang menjadi peninggalan dan jejak para pendahulu. “Selain itu, daerah ini juga merupakan tempat kelahiran Ibu Bung Karno, Ida Nyoman Serimben dan keluarga beliaulah sampai hari ini yang jadi pemangku sekaligus ikut menjaga Pura Desa/Bale Agung ini,” paparnya.

Ditambahkan pula, bapak dan Ibu Bung Karno memang pernah hidup di daerah Pura Desa dan Bale Agung, sehingga putra- putri Bung Karno dan keturunannya sering sembahyang/minta restu sama leluhur dan sesuhunan di Pura Desa.
“Beberapa palingggih di Bale Agung mencirikan memang peninggalan kerajaan, palinggih Betara Mageng, Ida Betari Danu dan Betari Mutering Jagad salah satu sungsungan di pura ini,” imbuhnya.

Baca juga :  Kapolsek Sukasada Positif Rapid Test, Tapi Hasil Swab Negatif

Sutrisna didampingi Kelian Yowana Buleleng, I Gede Arya Septiawan, menucapkan terima kasih atas ayah-ayahan yang dipersembahkan Bli Braya. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini